Pelayanan Perbankan Masyarakat di Kepulauan Belum Optimal

Antara    •    Selasa, 12 May 2015 19:39 WIB
perbankan
Pelayanan Perbankan Masyarakat di Kepulauan Belum Optimal
Bank Indonesia (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Manado: Kepala Kantor Bank Indonesia (BI) perwakilan Sulawesi Utara (Sulut) Luctor Tapiheru mengakui pelayanan perbankan di masyarakat tiga kabupaten kepulauan belum optimal.

"Masyarakat Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sangihe dan Talaud, masih kurang terlayani oleh perbankan," kata Luctor, di Manado, Selasa (12/5/2015).

Luctor mengatakan, salah satu penyebab layanan bank masih kurang, yakni masih sedikitnya bank beroperasi di wilayah itu, penyebabnya terkendala infrastruktur. Bank beroperasi di suatu daerah, tentu saja memperhitungkan untung ruginya. Ini yang menjadi penyebab ekspansi ke kepulauan belum seperti yang diharapkan.

Kendati mengakui belum optimal, tetapi  BI terus mendorong bank untuk melihat potensi daerah di kepulauan yang bisa dioptimalkan. "Masyarakat kepulauan adalah pasar perbankan baik penghimpunan dana masyarakat maupun penyaluran kredit, karena perlu mendapat perhatian," tukasnya.

Sementara itu, Plh Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara Dwi Suharyanto mengatakan, pihaknya terus melakukan sosialisasi dan edukasi ke masyarakat soal perbankan. "Makin banyak masyarakat yang senang ke bank, maka kinerja perbankan akan semakin baik," pungkasnya.


(ABD)