Keluarga Tak Bahagia Rentan Terpengaruh Narkoba

Tri Kurniawan    •    Selasa, 12 May 2015 19:45 WIB
narkoba
Keluarga Tak Bahagia Rentan Terpengaruh Narkoba
Tersangka kasus narkoba ditangkap BNN. Antara Foto

Metrotvnews.com, Jakarta: Peran keluarga dalam mengantisipasi penggunaan narkoba sangat besar. Kehadiran korban narkoba dalam keluarga bisa menimbulkan penderitaan.

"Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar penyalahguna narkoba dari keluarga yang tidak sehat dan tidak bahagia," kata Deputi Pencegahan BNN, Antar M.T Sianturi, dalam pers rilis, Selasa (12/5/2015).

Hal itu Antar sampaikan saat sosialisasi soal penanggulangan narkotika di Kebagusan Raya, Pasar Minggu, Jakarta Selatan,

Sebaliknya, kata dia, seseorang yang hidup di keluarga sejahtera lebih bisa membentengi diri dan menanggulangi masalah narkoba.

“Pengalaman membuktikan kelompok orangtua, apabila digerakan dan diberikan pengetahuan, keterampilan, dukungan, dan bantuan, bisa menjadi mitra yang paling aktif dalam pencegahan bahaya narkoba,” ujarnya.

Dia menegaskan memerangi bahaya narkoba perlu melibatkan semua unsur masyarakat, salah satunya dengan menggandeng peran ibu-ibu PKK.

"Ibu-ibu dapat menjadi pendamping putra-putrinya dan selalu memberitahukan bahaya narkoba kepada keluarga maupun masyarakat," tambahnya.


(TRK)