Industri Otomotif

Honda dan Hero Motocorp Saling Bantah Konsumsi BBM Splendor iSmart

Ainto Harry Budiawan    •    Selasa, 12 May 2015 20:14 WIB
honda motor
Honda dan Hero Motocorp Saling Bantah Konsumsi BBM Splendor iSmart
Hero Splendor iSmart yang jadi biang saling tuding konsumsi bbm yang tidak benar.

Metrotvnews.com: Honda adalah merek asal Jepang, sedangkan Hero merupakan merek sepeda motor asal India. Dahulu keduanya sempat berkolaborasi merakit sepeda motor dengan merek Hero Honda di India. Salah satu produk ternama dari kolaborasi keduanya adalah Hero Honda Hunk, yang merupakan tipe sport.

Setelah resmi bercerai, Hero Motocorp pun mengembangkan sepeda motornya sendiri, seperti Hero Splendor iSmart,yang merupakan motor komuter tipe sport. Hero mengklaim konsumsi bahan bakarnya mencapai 102,5 kilometer per liter.

Tapi Keiji Masa, President Honda R&D Center India mengatakan, mesin yang terpasang pada Splendor iSmart dikembangkan oleh Honda beberapa tahun silam. "Ini hal nyata yang dilupakan dan tak dimengerti oleh mereka," katanya kepada The Economic Times.

Berdasarkan itu, Honda menyindir klaim konsumsi bahan bakar tersebut sebagai klaim yang menyesatkan dan jauh dari realita. Hero Motocorp pun gerah dan mengatakan hasil itu dicapai melalui serangkaian tes yang dilakukan oleh lembaga terpercaya, iCAT (International Centre for Automotive Technology).

Hero Motocorp mengatakan mereka mengurangi bobot motor, serta meningkatkan kemampuan mesin agar lebih efisien, salah satunya dengan aplikasi teknologi Idle Stop Start System. Jelas saja Honda makin tidak terima, lantaran teknologi tersebut sudah dikembangkan Honda sejak 15 tahun yang lalu.

Duh, ada-ada saja.


(UDA)