Jokowi dan Pejabat Era SBY Hadir di Pembukaan Kongres IV Partai Demokrat

M Rodhi Aulia    •    Selasa, 12 May 2015 20:22 WIB
kongres partai demokrat
Jokowi dan Pejabat Era SBY Hadir di Pembukaan Kongres IV Partai Demokrat
Presiden Jokowi bersama SBY di pembukaan Kongres IV Partai Demokrat---MI/Faisol Taselan

Metrotvnews.com, Surabaya: Sejumlah mantan pejabat di era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono hadir dalam pembukaan Kongres IV Partai Demokrat di Hotel Shangri-La, Surabaya, Jawa Timur. Selasa (12/5/2015). Mereka datang buat mendengarkan pidato politik SBY.

Di antara tamu yang datang nampak mantan Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, mantan Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo, mantan Menteri Pembagungan Daerah Tertinggal Helmi Faishal Zaini, dan Ketua Bawaslu Muhammad. Tak hanya mereka, juga hadir mantan Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha.

Adapun tamu istimewa adalah Presiden Joko Widodo. Jokowi nampak mengenakan jas dengan dasi merah menyala. Jokowi tiba sekitar pukul 19.35 dan didampingi tuan rumah, Ketua Umum Partai Demokrat SBY, Ketua Harian Syarief Hasan dan Sekjen Edhi Baskoro. Jokowi kemudian duduk di barisan pertama bersama SBY.

Selain Jokowi, ada juga pimpinan Lembaga Tinggi Negara seperti Ketua DPR RI Setya Novanto, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dan Ketua DPD RI Irman Gusman. Tidak hanya itu, mantan Wapres Boediono dan mantan Ketua DPR Marzuki Ali hadir.

Sementara sejumlah ketua umum partai atau perwakilan tampak hadir. Di antaranya dari Wiranto (Hanura), Muhaimin Iskandar (PKB), Erico Sutarduga (PDIP), Sutiyoso (PKPI), Romahurmuziy (PPP). Mereka duduk di barisan kedua.

Sampai berita ini dibuat, ribuan peserta kongres sudah duduk rapi. SBY maju ke panggung dan memimpin upacara hening cipta. Ketua Organizing Committee Edhi Baskoro tampak gugup dalam melaporkan acara. Dia salah menyapa ayahnya, sebagai Presiden kelima.

"Saya ulangi, Presiden keenam," kata pria yang akrab disapa Ibas.


(TII)