Brand Politik Jokowi Belum Luntur

Indriyani Astuti    •    Selasa, 12 May 2015 20:54 WIB
presiden jokowi
<i>Brand</i> Politik Jokowi Belum Luntur
Presiden Joko Widodo. Foto: Widodo S Jusuf/Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Enam bulan pascapemilihan presiden,  Joko Widodo masih jadi sosok yang diharapkan mampu menyelesaikan persoalan negara. Presiden Jokowi dinilai punya brand politik yang kuat.

Pakar Politik Universitas Indonesia (UI) Ikrar Nusa Bhakti berpendapat walaupun Presiden terksesan lamban dalam mengambil keputusan karena faktor kehati-hatian, tapi perlahan dan pasti ada langkah konkrit yang dilakukan.

Ikrar mencontohkan kunjungan presiden Joko Widodo ke Papua guna menyelesaikan permasalahan di Papua bukan dari kacamata pusat adalah upaya mengimplementasikan janji politiknya. Dalam kunjungannya presiden menjanjikan perbaikan infratruktur di Papua.

“Apa yang dilakukan adalah langkah konkrit,” ujarnya sebagai pembicara dalam diskusi bedah buku ema “Mampukah ‘Brand’ Jokowi Berkembang dan Bertahan" di Universitas Indonesia, Kampus Salemba, Jakarta, Selasa (12/5/2015).

Ikrar menyoroti anomali politik yang terjadi, partai pendukung Jokowi justru menjadi yang paling keras mengkritik pemerintah. Sementara partai oposisi justru merapat. Jokowi dinilai punya gaya politik tersendiri untuk menjalankan proyeksinya di tengah kekuatan politik besar.

Hal yang sama diutarakan Peneliti UI Alois A. Nugroho yang juga menjadi pembicara pada diskusi tersebut. Menurutnya, karakter blusukan yang melekat pada sosok Jokowi mengubah konsep kepemimpinan selama ini.

“Pemimpin biasanya hanya menjalankan kebijakan top down, “ imbuh dia.

Sementara itu, Guru Besar dan Peneliti UI Firman Kurniawan Sujono menganggap reputasi dan brand politik pemimpin akan luntur jika tidak mampu mempertahankan kredibilitas sebagaimana yang diharapkan masyarakat.

Ummi Salamah penulis buku ‘Brand Pemimpin Politik’ mengatakan peran media sangat sentral untuk membentuk opini dan mewakili stereotype seorang pemimpin yang didambakan masyarakat. Media sebagai sarana komunikasi dan berkontribusi membentuk brand akan sosok pemimpin.


(KRI)

Pakar Nilai Sidang KTP-el Setya Novanto Sudah Seharusnya Dilanjutkan

Pakar Nilai Sidang KTP-el Setya Novanto Sudah Seharusnya Dilanjutkan

12 minutes Ago

Pakar hukum pidana Asep Iwan Iriawan menilai proses praperadilan Setya Novanto seharusnya gugur…

BERITA LAINNYA