Seminggu Ditahan, Darah Tinggi Jero Kumat

Yogi Bayu Aji    •    Rabu, 13 May 2015 01:27 WIB
Seminggu Ditahan, Darah Tinggi Jero Kumat
Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik ----Antara/Hafidz Mubarak A

Metrotvnews.com, Jakarta: Seminggu sudah mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sejak Selasa 7 Mei lalu. Dia pun mulai mengeluh penyakit darah tinggi yang dideritanya.

"Minggu ini tekanan darah saya ikut tinggi. Ini persoalan ini. Agak khawatir saya. Kemarin ditahan-tahan selama tugas tidak terasa, sekarang mulai terasa," kata Jero usai diperiksa di Kantor KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (12/5/2015).

Jero mengaku, penyakit ini telah terjadi sejak 10 tahun lalu. Namun, dia tak menghiraukannya karena sibuk bekerja.

Selain darah tinggi, Jero juga mengaku punya penyakit gula dan kolestrol sejak beberapa tahun silam. Penyakit-penyakit ini dirasa mulai kembali menyerang saat dia harus merasakan dinginnya dinding ruang tahanan.

Dia pun memohon doa para kader partainya yang sedang mengikuti Kongres Demokrat di Surabaya. Politikus Senior Demokrat itu berharap masalah hukum yang dihadapinya segera selasai.

"Jadi buat teman-teman saya di luar (yang kongres) doakan saya ya," ucap Jero.

Jero kini jadi pesakit di KPK dalam dua kasus sekaligus. Pertama dugaan pemerasan di Kementerian ESDM periode 2011-2013, dan kedua penyalahgunaan wewenang di Kemenbudpar periode 2008-2011.

Atas perbuatannya itu, KPK menjerat Jero Wacik dengan Pasal 2 Ayat 1 atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.
(ICH)