Jokowi: Partai Politik Harus Menjadi Rumah Dialog dan Harapan Rakyat

M Rodhi Aulia    •    Rabu, 13 May 2015 02:40 WIB
Jokowi: Partai Politik Harus Menjadi Rumah Dialog dan Harapan  Rakyat
Presiden Jokowi bersama SBY di pembukaan Kongres IV Partai Demokrat---MI

Metrotvnews.com, Surabaya: Presiden Joko Widodo menyimpan misi terkait kedatangan dirinya dalam pembukaan Kongres Partai Demokrat. Jokowi ingin partai menjadi rumah dialog dan rumah harapan bagi rakyat.

"Saya berusaha keras dalam setiap Kongres, Munas, Rakernas parpol," kata Jokowi di Hotel Shangri-La, Jalan Mayjen Sungkono, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (12/5/2015) malam.

Jokowi mengatakan, dirinya tidak hanya ingin partai menjadi tempat konsolidasi, tapi juga melaksanakan amanat konstitusi agar tujuan bangsa dan negara ini tercapai. Dia mengimbau agar parpol berbenah.

Menurut dia, sudah saatnya parpol menjadi suatu wadah yang kokoh, dan dapat dipercaya oleh publik. Sebab, parpol memiliki tanggungjawab yang besar akan hal tersebut.

"Setiap partai harus menjadikan dirinya sebagai rumah dialog menyelesaikan konflik. Sebagai rumah harapan yang bisa menampung aspirasi nelayan, petani penjual bakso, buruh dan profesi lainnya," tukas Jokowi.

"Tugas ini tidak bisa dilakukan dengan baik, jika parpol sibuk sendiri. Jika parpol identik arena perebutan kekuasaan. Atau batu loncatan posisi politik yang strategis," imbuhnya.
(ICH)