Bayern Muenchen vs Barcelona

Meski Menang atas Barcelona, Bayern Tetap Gagal Melangkah ke Final

Hilman Haris    •    Rabu, 13 May 2015 03:43 WIB
semifinal liga champions 2014--2015
Meski Menang atas Barcelona, Bayern Tetap Gagal Melangkah ke Final
Bayern sukses menang 3-2 atas Barcelona. Meski menang, Bayern tetap gagal ke final Liga Champions musim ini (ODD ANDERSEN / AFP)

Metrotvnews.com, Muenchen: Bayern Muenchen sukses meraih kemenangan dengan skor 3-2 atas Barcelona pada leg kedua semifinal Liga Champions 2014-15, Rabu 13 Mei. Meski menang, Bayern gagal melangkah ke final karena kalah agregat 3-5. Agregat itu tercipta lantaran Die Roten kalah 0-3 dari Blaugrana pada leg pertama. 

Asa Bayern untuk menyamakan agregat sempat membuncah ketika bek Medhi Benatia sukses mencetak gol pada menit ke-7. Bek asal Maroko itu sukses menggetarkan gawang Barcelona melalui sundulan usai memanfaatkan umpan sepak pojok Xabi Alonso.

Semangat para pemain Bayern meningkat sejak gol itu tercipta. Hal itu terlihat dari determinasi Robert Lewandowski dkk untuk mencetak gol tambahan demi menyamakan skor agregat. Nahas bagi Die Roten. Pertahanan mereka jadi melemah karena para pemain mereka terlalu fokus menyerang. 

Situasi ini dimanfaatkan Barcelona dengan sangat baik. Melalui serangan balik, kerja sama Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar membuahkan gol pada menit ke-15. Gebrakan Barcelona diawali oleh pergerakan Suarez di depan kotak penalti. Meneruskan umpan Messi, Suarez langsung menyodorkan bola kepada Neymar yang tidak terkawal di depan gawang. Dengan sekali sontekan, bola meluncur deras ke dalam gawang tanpa bisa dihalau kiper Bayern, Manuel Neuer.

Pertahanan Bayern kembali diekspolitasi Barcelona ketika laga memasuki menit ke-29. Neymar lagi-lagi menjadi sosok yang membuat kubu Die Roten merana. Usai menerima umpan dari Suarez, Neymar sukses mengelabui bek Bayern, Jerome Boateng dan melepaskan sepakan keras yang menghujam kanan gawang Bayern.

Kedua tim saling serang pada sisa waktu babak pertama. Namun tidak ada gol tambahan yang tercipta sehingga skor 2-1 untuk keunggulan Barcelona bertahan babak pertama berakhir.

Bayern seolah tidak mau dipermalukan Barcelona di kandang sendiri. Sejak babak kedua dimulai, Lewandowski dkk akhirnya mengambil inisiatif serangan dan mengurung pertahanan Blaugrana. Usaha keras Bayern berbuah hasil maksimal. Pada menit ke-59, Bayern menyamakan skor menjadi 2-2 melalui gol yang dicetak Lewandowski.

Gol Lewandowski diciptakan melalui cara yang apik. Setelah mengelabui bek Barcelona, Javier Mascherano, Lewandowski sukses melepaskan sepakan keras yang tak sanggup dihalau kiper Blaugrana, Marc Andre ter Stegen. Bayern kembali mengoyak gawang Barcelona pada menit ke-74. Kali ini giliran Thomas Mueller yang beraksi. Setelah bekerja sama dengan Bastian Schweinsteiger, Mueller kemudian melakukan tembakan keras dan berhasil menjebol gawang Barcelona. 3-2 untuk keunggulan Die Roten.

Barcelona bermain lebih bertahan ketika tertinggal. Serangan-serangan cepat Messi dkk seperti pada babak pertama pun sudah tidak lagi terlihat pada 15 menit akhir pertandingan. Pola defensive Blaugrana akhirnya menyulitkan Bayern untuk menambah gol.

Alhasil, skor 3-2 tidak berubah hingga wasit meniup peluit panjang tanda akhir pertandingan. Meski menang, Bayern tetap merana karena gagal melangkah ke final Liga Champions musim ini. Pencapaian Bayern mirip seperti di Liga Champions musim lalu. Ketika itu, Die Roten gugur di empat besar usai ditaklukkan Real Madrid. 


(HIL)