Penting, RI Masuk Kembali ke OPEC

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 13 May 2015 08:21 WIB
opec
Penting, RI Masuk Kembali ke OPEC
OPEC. AFP PHOTO /ALEXANDER KLEIN

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengamat Ekonomi Universitas Atmajaya Agustinus Prasetyantoko menyambut baik langkah Indonesia yang akan bergabung kembali sebagai peninjau (observer) dalam Organization of The Petroleum Exporting Countries (OPEC) tahun ini.

"Menurut saya itu positif," kata Pras di Jakarta Selatan, Selasa, 12 Mei 2015.

Pras mengatakan dia mendukung masuknya Indonesia sebagai peninjau di OPEC. Dengan begitu Indonesia bisa lebih update mengenai pergerakan harga minyak dalam diskusi-diskusi yang dilakukan di forum APEC.

"Kalau sebagai observer itu penting karena harga minyak  bergerak bukan karena faktor fundamental, namun juga  karena faktor non-fundamental politik dan sebagainya. Itu kalau kita jadi observer kita akan update dengan baik diskusi yang ada di dalam.

Namun, lanjut dia, jika kembalinya Indonesia untuk menjadi anggota OPEC dia rasa tidak memungkinkan, dengan alasan untuk dalam negeri sendiri, Indonesia belum mampu memenuhi kebutuhan minyak dari produksi nasional.

"Kita kan bukan lagi pemroduksi minyak, menurut saya kalau masuk lagi jadi anggota kok enggak ya, basisnya enggak punya stok minyak," pungkas dia.


(AHL)