Sambut Ramadhan, Disperindag Jambi Pastikan Persediaan Bahan Pokok Cukup

Antara    •    Rabu, 13 May 2015 11:46 WIB
harga sembako
Sambut Ramadhan, Disperindag Jambi Pastikan Persediaan Bahan Pokok Cukup
Ilustrasi harga kebutuhan pokok (FOTO:MI /PALCE AMALO)

Metrotvnews.com, Jambi: Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jambi memastikan persediaan sejumlah bahan pokok masyarakat di daerah setempat seperti beras, gula pasir, daging ayam dan sapi serta minyak goreng mencukupi, terutama untuk menyambut Ramadhan 1436 Hijriah.

"Tidak ada masalah. Persediaan bahan pokok masyarakat mencukupi, terutama hingga pelaksanaan puasa Ramadhan dan lebaran Idul Fitri," kata Kabid Pedagangan Dalam Negeri Disperindag Provinsi Jambi Filda Deviani, di Jambi, Rabu (13/5/2015).

Selain persediaan mencukupi, lanjut dia, harga bahan kebutuhan pokok masyarakat juga diharapkan tidak mengalami kenaikan pada Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah. "Kalau terjadi sedikit lonjakan itu pasti, tapi harapan kami kenaikan terjangkau. Apalagi, menjelang Ramadhan dipastikan terjadi peningkatan permintaan terhadap bahan kebutuhan itu," tukasnya.

Hingga saat ini, daging sapi dan ayam broiler dan minyak goreng masih bertahan. Harga daging sapi Rp110.000 per kilogram, dan daging ayam broiler fluktuasi tergantung jumlah pasokan dari peternak ke pedagang.

Khusus untuk beras, Filda menjelaskan untuk kualitas pertama saat ini masih bertahan pada harga Rp12.000 per kilogram. Beras yang beredar di Provinsi Jambi selain produk petani lokal juga didatangkan dari Sumatera Barat dan Sumatera Selatan.

Adapun beras yang diproduksi petani lokal Provinsi Jambi antara lain yakni asal Kabupaten Kerinci, Muara Jambi, Kota Jambi,  Sarolangun, Tanjung Jabung Timur dan Tanjung Jabung Barat.



(ABD)