Bulog Optimistis Produksi Beras Merauke Bisa Pasok Maluku

Antara    •    Rabu, 13 May 2015 11:56 WIB
beras
Bulog Optimistis Produksi Beras Merauke Bisa Pasok Maluku
Beras Bulog (FOTO: MI/BENNY BASTIANDY)

Metrotvnews.com, Jayapura: Bulog Divisi Regional (Divre) Papua memprediksi bahwa ke depannya hasil produksi beras di Kabupaten Merauke bisa untuk memasok kebutuhan di Pulau Maluku.

"Ke depan, produksi Merauke malah bisa mencukupi kebutuhan di Maluku," ucap Kepala Bulog Divre Papua Arif Mandu, di Jayapura, Rabu (13/5/2015).

Hal ini, imbuh Arif, bisa diprediksikan karena pemerintah pusat telah mencanangkan Kabupaten Merauke sebagai lumbung pangan Papua dan kawasan Indonesia Timur. Hanya saja, sambungnya, semua itu tergantung dari realisasi program yang dilakukan pemerintah itu sendiri. Sementara Bulog siap menampung berapapun hasil produksi beras Merauke.

"Ini tentu kebijakan pemerintah untuk menambah luas tanam, kalau potensi lahan yang 1,2 juta hektare (ha) dipercepat maka semakin cepat juga produksi Merauke meningkat. Kalau Bulog, berapapun jumlah produksi, kita siap beli," tuturnya.

Selama ini, kata Arif, kebutuhan beras PNS, TNI, Polri dan Raskin, belum bisa dicukupi oleh hasil produksi beras Merauke, namun dengan niat yang serius dari pemerintah maka hal tersebut diyakininya akan segera terpenuhi.

"Kita butuh setahun minimal 150 ribu ton. Kalau Merauke selama ini kita dapat cuma 30 ribu ton berarti 120 ribu tonnya kita harus datangkan. Tapi, ke depan kalau Merauke produksinya lebih dari itu malah kita nanti yang suplai ke wilayah timur lainnya," pungkasnya.



(ABD)