Layanan Penyedia Berita Facebook Instant Articles Sudah Hadir di iOS

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 13 May 2015 15:57 WIB
facebook
Layanan Penyedia Berita Facebook Instant Articles Sudah Hadir di iOS
Facebook luncurkan satu fitur baru untuk pengguna iOS. AFP PHOTO/Karen BLEIER

Metrotvnews.com: Kemarin, Facebook baru saja meluncurkan fitur baru bernama Instant Articles. Seperti namanya, fitur ini berfungsi agar orang-orang yang mengakses Facebook melalui gadget mereka dapat mengakses situs-situs tertentu dengan lebih cepat. Facebook menjanjikan bahwan dengan fitur ini, Anda akan dapat membuka sebuah situs 10 kali lebih cepat.

Selain waktu load halaman yang lebih cepat, Instant Articles juga memiliki beberapa fitur lain, seperti peta interaktif, zoom gambar, fungsi untuk memutar video secara otomatis saat dibuka dan audio caption. Beberapa situs yang bekerja sama dengan Facebook agar situs mereka masuk ke dalam daftar yang dapat dibuka melalui Instant Articles antara lain The New York Times, National Geographics, Buzzfeed, NBC, The Atlantic, The Guardian dan BBC News.

"Pada dasarnya, Instant Articles adalah sebuah tool yang memungkinkan para pembuat konten untuk memanjakan pembaca mereka melalui Facebook," kata Chrix Cox, Chief Product Officer dari Facebook. "Dengan Instant Articles, mereka dapat menyajikan konten interaktif dengan lebih cepat dan pada saat yang sama, tidak mengubah model bisnis mereka."

Mengingat 73 persen penghasilan Facebook didapatkan dari iklan yang ditampilkan di gadget dan lebih dari 85 persen pengguna Facebook mengakses Facebook melalui perangkat mobile, maka tidak heran jika Facebook terus berusaha untuk memberikan berbagai fitur pada aplikasi mobile mereka.

Sementara itu, bagi situs pembuat konten yang bekerja sama dengan Facebook, salah satu keuntungan yang mereka dapatkan adalah karena konten mereka akan diakses oleh lebih banyak orang. Selain itu, Facebook juga berencana untuk memberikan izin pada mereka untuk menayangkan iklan dalam konten mereka tanpa meminta bagian dari bayaran yang didapat dari iklan tersebut.

Facebook mengatakan bahwa saat ini, fitur Instant Articles ini baru tersedia untuk pengguna gadget iOS. Sayangnya, mereka tidak memberitahu kapan fitur ini akan muncul di gadget berbasis Android. (cnet)


(ABE)