Gorontalo Optimistis Mampu Produksi 1 Juta Ton Jagung

Antara    •    Rabu, 13 May 2015 16:05 WIB
pangan
Gorontalo Optimistis Mampu Produksi 1 Juta Ton Jagung
Produksi jagung (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho)

Metrotvnews.com, Gorontalo: Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyatakan optimistis daerahnya mampu mencapai target produksi jagung sebesar satu juta ton pada 2015 ini. Pada 2014, produksi jagung di Gorontalo mencapai 600 ribu ton.

"Keinginan petani untuk menanam jagung sangat tinggi, apalagi hasil panen setiap hektare untuk musim tanam kali ini mengalami peningkatan," kata Rusli, di Gorontalo, Rabu (13/5/2015).

Menurutnya, selain keinginan petani menanam jagung yang sangat tinggi, Pemerintah Provinsi Gorontalo maupun kabupaten dan kota terus menerus memberikan bantuan secara gratis baik benih jagung, pupuk dan obat-obatan serta alat pertanian.

Sejumlah kabupaten, lanjutnya, untuk setiap tahun membuka areal lahan pertanian baru untuk ditanami jagung, seperti pegunungan yang selama ini tidak dimanfaatkan. Pemerintah juga terus membantu para pengusaha pengumpul untuk memasarkan jagung baik ke luar daerah maupun mancanegara seperti Filipina, Malaysia dan Korea Selatan.

Rusli menambahkan, berdasarkan data Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo, daerah ini telah melakukan ekspor jagung sebanyak 29.100 ton selang Januari hingga April 2015. Sedangkan Mei direncanakan sebanyak 26.650 ton, belum termasuk pengiriman ke luar daerah dan untuk kebutuhan lokal.



(ABD)

KPK Pertimbangan <i>Second Opinion</i> Soal Setnov

KPK Pertimbangan Second Opinion Soal Setnov

1 hour Ago

KPK masih mempertimbangkan keterangan dokter atau pihak IDI terkait perawatan kesehatan yang se…

BERITA LAINNYA