Pertalite Ditunda, NTT 'Colong Start' Sosialisasi

Antara    •    Rabu, 13 May 2015 17:09 WIB
pertalite
Pertalite Ditunda, NTT 'Colong Start' Sosialisasi
BBM jenis baru (MI/ARYA MANGGALA)

Metrotvnews.com, Kupang: Dinas Pertambangan dan Energi Nusa Tenggara Timur sejak awal Mei 2015 mulai melakukan sosialisasi penggunaan bahan bakar minyak (BBM) pertalite.

"Sosialisasi tentang pertalite ini melibatkan para pemilik SPBU di daerah itu," kata Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Nusa Tenggara Timur (NTT) Thobias Uly, di Kupang, Rabu (13/5/2015). Kendati demikian, Thobias mengemukakan bahwa mekanisme penyaluran BBM itu masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat.

Sekadar diketahui, PT Pertamina (Persero) berniat untuk menghapuskan bensin jenis RON 88 atau premium mulai Mei. Masyarakat secara bertahap tidak akan lagi bisa membeli premium di kota-kota besar di Indonesia.

Nantinya premium hanya bisa dibeli oleh kendaraan umum dan di sejumlah SPBU di pinggiran kota. Sebagai gantinya, masyarakat akan diberi pilihan produk pengganti premium dengan kualitas di atas RON 88, namun di bawah pertamax yang memiliki RON 92. Harga bensin pengganti inipun akan lebih murah dibanding pertamax meski lebih mahal dari Premium.

Thobias sendiri belum bisa menjelaskan apakah hanya SPBU-SPBU tertentu saja yang menjual jenis BBM ini, karena belum ada pemberitahuan lebih jelas dari pemerintah pusat. "Saya kira mekanismenya nanti diatur oleh Pertamina. Tugas pemerintah hanya memberikan pemahaman kepada masyarakat," pungkas Thobias.




(ABD)