Ini Alasan Calon Menantu Jokowi Suntik Tetanus Sebelum Menikah

Pythag Kurniati    •    Rabu, 13 May 2015 18:50 WIB
Ini Alasan Calon Menantu Jokowi Suntik Tetanus Sebelum Menikah
Gibran dan Selvi. (Foto:Antara/Maulana Surya)

Metrotvnews.com, Solo: Calon menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selvi Ananda, menjalani pemeriksaan kesehatan dan imunisasi tetanus toxoid (TT) di Puskesmas Sangkah, Solo, Jawa Tengah. Pemeriksaan itu dilakukan sebagai syarat sebelum dirinya resmi menikahi putra sulung Presiden, Gibran Rakabuming Raka.

Pagi ini, sekira pukul 10.47 WIB, Selvi datang bersama kedua orangtuanya. Dara berusia 29 tahun itu datang dengan mengenakan baju dan celana biru. 

Menurut seorang petugas Puskesmas Sangkah bagian ibu dan anak, Liliana Fitrianingsih, setiap calon pengantin wajib menjalani pemeriksaan kesehatan. Calon mempelai perempuan harus disuntik TT pada lengan kiri bagian atas.

Namun, Liliana mengaku masih banyak calon pengantin yang belum memahami pentingnya syarat tersebut. 

"Kadang karena ada ketakutakan-ketakutan, makanya harus kita jelaskan. Proses mulai dari pendaftaran bisa 20 menit, yang lama konsultasinya," terangnya

Dunia kesehatan menganggap penting pemberian vaksin II. Sebab, tetanus menjadi masalah yang berakibat pada kematian bayi di Indonesia. Lantaran itu, sebelum menikah dan memiliki anak, seorang perempuan harus meningkatkan kekebalan tubuhnya dari infeksi tetanus.

Suntik TT dilakukan sebanyak lima kali dalam hidup. Setelah suntik TT sebelum menikah, suntik akan kembali dilakukan satu tahun setelah suntik kedua. Kemudian, suntik akan dilakukan satu tahun setelah suntik yang kedua untuk kekebalan selama 25 tahun.
(LOV)