Tersangkut Hukum, Siswa SMP UN Susulan di Lapas

Kuntoro Tayubi    •    Rabu, 13 May 2015 19:10 WIB
ujian nasional smp
Tersangkut Hukum, Siswa SMP UN Susulan di Lapas
JN saat mengikuti UN Susulan di Lapas Brebes. Foto: Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Brebes: JN (16) siswa salah satu SMP swasta di Kecamatan Larangan, Brebes, mengakhiri Ujian Nasional susulan di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Brebes. 

Pada UN susulan hari terakhir ini, JN mengerjakan soal mata pelajaran Bahasa Indonesia. JN adalah siswa kelas IX , warga Desa Kubangsari Kecamatan Ketanggungan, Brebes, yang sempat kehilangan haknya mengikuti UN. 

UN dilaksanakan di ruang khusus dan mendapat pengawasan langsung dari petugas Dinas Pendidikan Pemkab Brebes dan petugas Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) perlindungan Perempuan dan Anak Tiara Kabupaten Brebes.

“Setelah terus berkomunikasi dengan Dinas Pendidikan, akhirnya dia dapat mengikuti UN. Padahal, awalnya kami mengalami kesulitan saat dinas tidak memperkenankan dia untuk UN,” kata Sekretaris PPT Tiara, Rini Pujiastuti, usai mendampingi JN mengikuti UN Susulan, di Lapas Brebes, Rabu (13/5/2015).

PPT Tiara akan terus melakukan upaya pendampingan hukum agar haknya JN dapat terpenuhi. Di antaranya ia berharap JN dapat dikembalikan ke kedua orang tuanya untuk diberi bimbingan dan binaan.

JN dipenjara setelah terlibat kasus dugaan pencabulan bersama tiga temannya. Saat ini ia meringkuk di balik jeruji besi milik Lapas Brebes dengan status tahanan titipan Kejaksaan Negeri setempat.


(UWA)