Hasil RUPS Luar Biasa PT Liga, Kompetisi Ditiadakan dan Diganti Pra-musim

Rendy Renuki H    •    Rabu, 13 May 2015 19:25 WIB
liga indonesia
Hasil RUPS Luar Biasa PT Liga, Kompetisi Ditiadakan dan Diganti Pra-musim
CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono (Foto: ANTARA/Yudhi Mahatma)

Metrotvnews.com, Jakarta: Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa yang digelar PT Liga Indonesia di Hotel Borobudur, Rabu 13 Mei 2015, menghasilkan tiga keputusan. Apa saja?

Pertama, para pemegang saham yang mayoritas berasal dari klub-klub Liga Super Indonesia menyetujui hasil rapat komite eksekutif PSSI yang memutuskan kompetisi musim ini dihentikan dengan alasan force majeur. Kompetisi Liga Indonesia yang musim ini berganti jadi QNB League resmi ditiadakan meski sudah berjalan dua pekan. Hal sama juga berlaku untuk kompetisi Divisi Utama, dan kompetisi lainnya.

Keputusan kedua ialah soal kompetisi musim 2015-2016 yang akan digulirkan mulai September 2015. Liga Indonesia musim depan akan dimulai pada September dan berakhir Mei 2016.

Nah, yang terakhir dan yang paling menarik, PT Liga dan para pemegang saham sepakat untuk menggelar turnamen pra-musim untuk mengisi kekosongan menyusul dihentikannya kompetisi musim ini.

"Kami menjalankan turnamen pra-musim yang direncanakan digelat Mei- September 2015. Dengan melihat pada tiga hal objektif: proteksi partnership klub dengan partner, pemanfaatan aset nasional supaya sepak bola tanah air  tidak menganggur, dan supaya klub tidak sekadar mengeluarkan  pembiayaan tapi pemasukan pendapatan berjalan" jelas CEO PT Liga, Joko Driyono.

Terkait bagaimana format kompetisi pra-musim berjalan, pria yang akrab disapa Jokdri ini menjelaskan bahwa ke-18 klub peserta Liga Indonesia nantinya akan dibagi ke dalam tiga grup yang berisikan enam klub. Selanjutnya, akan digelar pertandingan sistem round-robin di mana setiap klub di grup masing-masing akan memainkan pertandingan kandang-tandang.

Nah, dua tim yang mengoleksi poin terkecil dari semua peserta akan dieliminasi. Selanjutnya, 16 klub tersisa akan maju ke fase knock-out yang juga akan menggunakan format kandang-tandang.

Untuk membuat kompetisi berlangsung menarik, tiga tim yang dinilai punya skuat mumpuni seperti Persipura Jayapura, Arema Cronus, dan juara LSI musim lalu, Persib Bandung tidak akan ditempatkan ke dalam satu grup.

"Kami akan melakukan turnamen secara tandang dan kandang, untuk
grouping di awal, Persipura, Persib, dan Arema akan kami jadikan sebagai kepala di grup. Sedangkan 15 tim sisanya, akan disebar dengan berbagai pertimbangan agar kompetisi menarik dan kompetitif," jelas Jokdri.

Untuk membuat kompetisi pramusim menjadi menarik dan serius, PT Liga juga menjanjikan bakal memberikan suntikan dana segar pada tiap-tiap klub peserta. Selain itu, juara di kompetisi di turnamen pra-musim ini juga akan mendapat hadiah uang yang menggiurkan.

Namun, yang kini jadi kendala untuk digulirkannya turnamen pra-musim bergengsi ini, bagaimana soal perizinannya. Seperti kita ketahui, PSSI saat ini telah dibekukan oleh Kemenpora, dan perizinan untuk menggelar pertandingan juga tidak diberikan oleh pihak kepolisian menyusul surat pembekuan tersebut.

"Meski (pra-musim) sekalipun dijalankan PT Liga (bukan PSSI) harus mendaptkan izin. Kita akan treatment seperti kondisi normal. Jadi akan kita minta rekomendasi BOPI dengan harapan tidak menghambat sepak bola", jelas Jokdri.


(ACF)

KPK Pertimbangan <i>Second Opinion</i> Soal Setnov

KPK Pertimbangan Second Opinion Soal Setnov

1 hour Ago

KPK masih mempertimbangkan keterangan dokter atau pihak IDI terkait perawatan kesehatan yang se…

BERITA LAINNYA