5 Menteri Ceroboh, Jokowi Marah

Desi Angriani    •    Rabu, 13 May 2015 19:35 WIB
presiden jokowikabinet kerja
5 Menteri Ceroboh, Jokowi Marah
Presiden Jokowi. AFP/Bay Ismoyo

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak biasa marah-marah saat membuka sidang kabinet. Petang ini, Jokowi blak-blakan memperingatkan lima kementerian yang dianggap ceroboh.

"Sampai sekarang masih ada Perpres Kementerian yang belum saya tanda tangan. Ada lima kementerian," kata Jokowi saat sidang kabinet di Kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Rabu (13/5/2015).

Jokowi menyebut, sejumlah menteri kurang hati-hati dalam membuat kebijakan yang berkaitan dengan anggaran. Kesalahan penyerapan anggaran berimbas pada pelemahan dan pertumbuhan ekonomi beberap bulan terakhir.

"Sebetulnya sudah saya ingatkan ini sejak Januari. Tapi mungkin belum banyak yang pikirkan bahwa ini akan berimbas pada pertumbuhan ekonomi dan melemahnya ekonomi. Hati-hati," ungkapnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengisyaratkan pemerintah hendak merombak menteri di Kabinet Kerja. Menurutnya, ada ketidaksesuaian penempatan beberapa figur menteri di Kabinet Kerja.

Apakah menteri-menteri yang dinilai ceroboh akan kena reshuffle? Presiden Jokowi selalu bungkam saat dikonfirmasi soal hal itu.


(TRK)