Jelang Final Liga Champions

Kontra Barcelona di Final, Statistik Juventus Lebih Superior

Hilman Haris    •    Kamis, 14 May 2015 04:31 WIB
semifinal liga champions 2014--2015
Kontra Barcelona di Final, Statistik Juventus Lebih Superior
Walau meraih hasil seri 1-1 pada leg kedua kontra Madrid, Juventus berhak lolos ke final Liga Champions musim ini (GERARD JULIEN / AFP)

Metrotvnews.com, Madrid: Juventus meraih satu tiket ke final Liga Champions 2014--2015 usai menang agregat 3-2 atas Real Madrid. Di final, Juventus akan berhadapan dengan klub Spanyol lainnya, Barcelona.

Barcelona bukan lawan yang asing bagi Juventus. Bahkan di ajang Liga Champions, La Vecchia Signora sudah empat kali bersua dengan Blaugrana. Namun, baru pertama kali keduanya dipertemukan di babak final. Sebelumnya, seluruh laga Juventus vs Barcelona di Liga Champions terjadi di babak perempat final. Tepatnya pada musim 1985--1986 dan 2002--2003.

Total, Juventus sudah delapan kali bentrok dengan Barcelona di semua ajang. Empat laga sukses dimenangkan La Vecchia Signora. Sedangkan Barcelona hanya bisa mencuri dua kemenangan dan dua kali seri.

Fakta itu hanya sebuah catatan belaka. Belum tentu superioritas Juventus pada masa lalu bakal terulang pada final Liga Champions musim ini. Mengingat Barcelona sudah bertambah kuat dalam beberapa tahun terakhir. Buktinya, Blaugrana sukses tampil di tiga laga final Liga Champions dalam tujuh tahun terakhir.

Pencapaian Barcelona berbanding terbalik dengan Juventus. Sebelum berlaga di final musim ini, Juventus sudah 13 tahun tidak merasakan tampil di laga puncak kompetisi paling elite di benua Eropa tersebut. (Infostrada)


(HIL)