On This Day: Pertama Kali Tukar Jersey Terjadi Seusai Pertandingan Sepak Bola

Hilman Haris    •    Kamis, 14 May 2015 09:08 WIB
pada hari ini
On This Day: Pertama Kali Tukar Jersey Terjadi Seusai Pertandingan Sepak Bola
Lucien Laurent mencetak gol perdana untuk timnas Prancis ke gawang Inggris (Foto: sudouest.fr)

Metrotvnews.com, Paris: Bertukar jersey merupakan tradisi yang lazim dilakukan oleh pemain seusai pertandingan sepak bola pada saat ini. Namun tahukah Anda kapan dan siapa yang memulai tradisi itu? Tukar jersey seusai laga ternyata pertama kali dilakukan oleh para pemain timnas Prancis dan Inggris. Mereka melakukannya usai bertanding pada laga persahabatan di Stadion Olympique Yvesdu-Manoir, Paris, 14 Mei 1931.

Kesuksesan Prancis mengalahkan Inggris dengan skor 5-2 merupakan pemicu kedua tim memutuskan bertukar jersey.  Ketika itu, Inggris merasa para pemain Prancis layak diberi apresiasi usai menang untuk pertama kali  atas skuat The Three Lions. Sebagai kenang-kenangan, para pemain Inggris akhirnya memberi jersey mereka kepada pemain Prancis. Penggawa Prancis membalasnya dengan memberi jersey mereka kepada skuat Inggris.

Sebelum laga itu, Prancis tidak pernah menang atas Inggris. Bahkan, tiga kali Prancis kalah dengan skor yang mencolok. Pada 1927, Prancis kalah 0-6, lalu kalah 1-5 (1928), dan keok 1-4 pada 1929.

Prancis diyakini akan kembali kalah dengan skor besar saat bersua Inggris pada 14 Mei 1931. Hebatnya, Prancis mampu memutarbalikkan prediksi dan sanggup menang di hadapan 30.000 suporter yang memadati Stadion Olympique Yvesdu-Manoir. 

Dua gol Inggris dicetak oleh Samuel Crooks dan Thomas Waring. Sedangkan gol-gol Prancis dicetak oleh Lucien Lauren pada menit ke-15, Robert Furois (menit ke-18 dan ke-71), Marcel Langiller (menit ke-29), serta Edmond Delfour (menit ke-57). (TDIFH)



(HIL)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

21 hours Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA