Ambil Alih Petral, Pertamina Lebih Untung

   •    Kamis, 14 May 2015 11:00 WIB
petral
Ambil Alih Petral, Pertamina Lebih Untung
Ilustrasi. Antara/Zabur Karuru

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Pertamina (Persero) mengklaim mendapat keuntungan dengan membeli minyak langsung ke pihak ketiga ketimbang melalui PT Pertamina Energy Trading Limited (Petral). Pertamina bahkan menyebut mampu memperoleh efisiensi sebesar USD22 juta.

"Sejak Januari kita sudah melakukan reposisi untuk pengadaan impor minyak mentah. Setelah kita review yang dilakukan ISC (Integrated Supply Chain), kita lihat kinerjanya baik. Januari-Februari bahkan efisiensinya mencapai USD22 juta," kata VP Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro disela acara Indonesia Gas Industrial Gas Gathering di Jakarta, seperti dikutip Kamis (14/5/2015).

Pertamina telah memutuskan untuk membubarkan Petral dan dua anak perusahaannya, Pertamina Energy Services (PES) serta Zambesi Investment. Pembubaran ini menunggu hasil audit investigasi yang ditargetkan rampung pada April 2016 mendatang.

"Kita diberi timeline, semua itu harus sudah selesai pada April 2016," kata Wianda.

Dengan keputusan tersebut, segala kegiatan Petral akan diambil alih Pertamina. Selain itu, Pertamina juga akan mengambil aset Petral dan PES dan Zambesi.

Adapun aset milik Petral dan anak usahanya disebutnya mencapai senilai USD2 miliar. Aset tersebut seutuhnya akan menjadi milik Pertamina. "Petral itu asetnya lebih banyak piutang dagang, sekitar USD2 miliar," cetusnya.


(WID)