Pengrajin Bali Gunakan Bunga Kelapa Jadi Barang Seni Ekspor

Antara    •    Kamis, 14 May 2015 11:13 WIB
ekspor
Pengrajin Bali Gunakan Bunga Kelapa Jadi Barang Seni Ekspor
Kerajinan tempurung kelapa (FOTO ANTARA/Regina Safri)

Metrotvnews.com, Denpasar: Pengusaha Kerajinan Perak di Gianyar, Bali, terus berkreasi menciptakan aneka barang bernilai seni tinggi dan unik dengan rancang bangun menggunakan bahan baku tempurung kelapa. Barang ini pun banyak dilirik oleh para pembeli.

Pengusaha Kerajinan Perak asal Gianyar, Bali, Wayan Widanta mengatakan, aneka kerajinan berbahan baku kelopak bunga kelapa yang sudah kering, bagian pinggirannya diisi hiasan ukiran perak sehingga tampak antik dan unik laris  ke pasar ekspor.

"Perajin Bali tetap berkreasi menciptakan aneka barang bernilai seni dan unik dipadukan dengan budaya lokal seperti tas, bros, bokor untuk pasar ekspor," ungkap Wayan Widanta, di Denpasar, Kamis (14/5/2015).

Ia yang mempekerjakan sekitar 25 perajin dari berbagai keahlian di bengkel kerjanya di Gianyar memproduksi mata dagangan bernilai seni dengan berbagai jenis bahan baku ditambah rancang bangun sesuai perkembangan zaman yang berisi muatan lokal, sesuai selera konsumen.

Kreasi yang dibuat perajin belakangan ini menyerupai binatang seperti naga, ikan arwana dan berbagai jenis lainnya dari bahan baku kerang dipadukan dengan ukiran dari perak, begitu pula naga yang dibuat dari tembaga dilapisi perak sehingga kelihatan antik.

Berbagai jenis binatang berbahan baku kerang yang diisi hiasan emas berukirkan Bali, memiliki ciri khas tersendiri sehingga banyak dipesan konsumen luar negeri, terutama yang dari Singapura, Hong Kong, Australia, Amerika Serikat, dan Eropa.



(ABD)