Begini Cara Bangkitkan Program Transmigrasi yang Mati Suri

Cornelius Eko Susanto    •    Kamis, 14 May 2015 11:45 WIB
kependudukan
Begini Cara Bangkitkan Program Transmigrasi yang Mati Suri
Ilustrasi. Antara/Basri Marzuki

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) mengklaim memiliki kiat-kiat khusus agar program transmigrasi yang sempat redup dapat kembali bangkit.

"Program transmigrasi sudah lama mati suri. Hal ini perlu dibangkitkan kembali dengan cara-cara khusus," ujar Menteri DPDTT Marwan Jafar, dalam diskusi dengan tema 'Rancangan Normatif dan Praktik Empiris Pembangunan Kawasan Pedesaan', di Jakarta, seperti dikutip Kamis (14/5/2015).

Berbeda dengan pemerintahan sebelumnya, lokasi yang dipilih untuk daerah transmigrasi difokuskan pada daerah perbatasan. Selain itu, agar dapat menjaring peserta lebih banyak, selain mendapatkan lahan dengan rata-rata luas maksimal dua hektar, di daerah tersebut juga akan diisi dengan program-program pemberdayaan dari pihak swasta. Selain itu para transmigran juga akan mendapat insentif sebesar Rp3 juta per bulan selama 18 bulan hingga dua tahun.

Lewat berbagai kiat tersebut, Marwan optimistis target menjaring 4 juta transmigran dan menyiapkan 9 juta hektar lahan bagi mereka dalam rentang waktu lima tahun dapat tercapai.

Saat ini, Kementerian DPDTT sendiri telah menetapkan 144 lokasi transmigrasi. Dari lokasi tersebut, sudah tersedia 600 hektar yang sudah siap dan 3,5 juta hektar lagi yang kini tengah diproses oleh Kementerian ATR/BPN dan Kementerian LHK.

Kendati optimistis dengan kiat-kiat yang dikeluarkan dapat menjaring transmigran lebih banyak, Marwan mengakui program transmigrasi diera saat ini cukup berat dilakukan. Hal itu dapat dilihat dimasa pemerintahan sebelumnya, yang hanya dapat mengirimkan 125 ribu transmigran selama kurun waktu lima tahun.

Pada kesempatan itu, Marwan menambahkan, pada Juni-Juli nanti, pihaknya akan melakukan pengiriman 350 kepala keluarga (KK) ke daerah perbatasan di Kalimantan Utara dan Kalimantan Barat. Pengiriman ini merupakan yang pertama di era pemerintahan Presiden Joko Widodo.


(WID)

KPK Periksa Adik Andi Narogong

KPK Periksa Adik Andi Narogong

58 minutes Ago

Vidi akan diperiksa untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudihardjo.

BERITA LAINNYA