Dualisme Kepemimpinan Parpol, KPU DIY Tunggu Putusan

Ahmad Mustaqim    •    Kamis, 14 May 2015 12:37 WIB
pilkada serentak
Dualisme Kepemimpinan Parpol, KPU DIY Tunggu Putusan
Foto: Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan/MTVN_Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, DI Yogyakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Istimewa Yogyakarta belum mengambil sikap terkait pencalonan kepala daerah dari partai politik dualisme kepemimpinan. KPU DIY akan menunggu keputusan KPU Republik Indonesia jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada Desember 2015.

"Sejauh ini, belum ada penyikapan baik secara formal maupun informal terkait (dualisme) kepengurusan. Peraturan KPU pasti akan mengatur mengenai kepengurusan parpol yang memiliki hak untuk mengajukan calon (kepala daerah)," kata Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan, kepada Metrotvnews.com, di Yogyakarta, Kamis (14/5/2015).

Ada dua parpol yang mengalami dualisme kepemimpinan yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Golkar. Sejumlah pihak menilai hal itu dapat berpotensi menimbulkan konflik pada penyelenggaraan Pilkada serentak mendatang. Sebagai tahapan awal, sebanyak sembilan provinsi, 36 kota, dan 224 kabupaten akan ikut pilkada serentak gelombang pertama.

Pada Pilkada serentak gelombang pertama ini akan diikuti tiga kabupaten di DIY. Yakni Kabupaten Sleman, Kabupaten Gunungkidul, dan Kabupaten Bantul. KPU DIY pun akan membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah.

"Pencalonan bakal calon akan dilakukan bulan Juli," pungkasnya.


(TTD)

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

8 hours Ago

KPK kembali memeriksa mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman. Irman diperiksa sebagai saksi un…

BERITA LAINNYA