Orangtua Bocah 'Diusir' Labrak Warga yang Beri Bantuan

Yogi Bayu Aji    •    Kamis, 14 May 2015 15:55 WIB
penelantaran anak
Orangtua Bocah 'Diusir' Labrak Warga yang Beri Bantuan
KPAI mendampingi anak peserta ujian nasional SMP di Lembaga Pemasyarakatan Pondok Rajeg, Bogor, Selasa 6 Mei 2015. Foto: MI/Bary Fathahilah

Metrotvnews.com, Jakarta: Bocah berusia delapan tahun inisial D ditelantarkan orangtuanya. Warga Perumahan Citra Gran Cibubur malah dilabrak orangtua D jika diketahui memberikan bantuan ke bocah malang itu.

D tinggal di Perumahan Citra Gran Cibubur, Cluster Nusa Dua, Blok E. Sudah satu bulan terakhir, orangtua melarang D masuk ke rumah. Malam hari, D tidur di pos jaga perumahan tersebut.

"Ketika ada tetangga yang mencoba menampung D, khususnya saat malam hari, orangtua D akan melabraknya," kata Ketua Komisi Perlidungan Anak Indonesia Asrorun Niam Sholeh kepada Metrotvnews.com, Kamis (14/5/2015).

D tidak sekolah selama sebulan terakhir. Siang hari, ia menghabiskan waktu dengan berkeliling komplek menggunakan sepeda. Warga memberikan bantuan makanan dan pakaian kepada D.

"Warga juga sudah coba bertemu orangtua D, namun tidak ada jawaban yang memuaskan," terang Niam.

Siang ini, Tim gabungan Komisi Perlindungan Anak Indonesia, Kementerian Sosial, dan polisi mengevakuasi D ke rumah aman. "Orangtua D bersikeras bahwa upaya itu merupakan caranya dalam mendidik anak," tambahnya.


(TRK)