22 PTS Berebut Simpati Calon Mahasiswa di Surabaya

Amaluddin    •    Kamis, 14 May 2015 20:09 WIB
pendidikan
22 PTS Berebut Simpati Calon Mahasiswa di Surabaya
Pameran perguruan tinggi swasta di Surabaya, Metrotvnews.com/ Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Sebanyak 22 perguruan tinggi swasta (PTS) berebut simpati calon mahasiswa melalui promosi dalam wadah Forum Humas dan Marketing Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se- Surabaya, Jawa Timur. Pameran Surabaya Campus Expo ini digelar mulai 14 hingga 17 Mei 2015 di Gedung Jatim Expo (JX) International, Jalan Ahmad Yani, Surabaya.

Menurut Koordinator Pameran Surabaya Campus Expo, Mashariono, pameran ini rutin digelar setiap tahun mengambil momen jelang kelulusan siswa-siswi SMA/ SMK. “Kita rutin menggelar even seperti ini sejak 1992,” kata dia, di sela-sela acara, Kamis (14/5/2015).

Menurut dia, Forum Humas dan Marketing PTS se- Surabaya merasa perlu menggelar even semacam ini, mengingat tidak semua lulusan SMA/ SMK bakal diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

“Biasanya, calon mahasiswa, selain mempersiapkan diri untuk mengikuti tes masuk PTN, juga mempersiapkan diri mendaftar ke kampus swasta, jaga-jaga seandainya tidak diterima PTN,” kata Mashariono.

Dia menjelaskan, even ini bukan semata-mata sebagai ajang bagi kampus-kampus swasta di Surabaya untuk menarik minat calon mahasiswa, melainkan lebih untuk mempertemukan para lulusan SMA/ SMK yang mencari referensi untuk melanjutkan sekolah

“Kita tidak mengambil keuntungan dari even ini. Untuk masuk kesini saja gratis, kita tidak menarik tiket. Kegiatan ini murni untuk mempertemukan mereka yang benar-benar mencari referensi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi,” jelasnya.

Dari pada calon mahasiswa mendatangi satu per satu kampus di Surabaya, lanjut Mashariono, dengan mendatangi satu tempat di even Surabaya Campus Expo ini, mereka sudah dipertemukan dengan 22 kampus swasta yang ada di Surabaya.

“Dari pada mereka muter-muter mendatangi kampus swasta satu persatu yang lokasinya mencar-mencar di Surabaya, dengan datang ke tempat ini, mereka bisa menghemat biaya transportasi. Di tiap booth kampus swasta di sini, mereka bisa memperoleh informasi sejelas-jelasnya tentang jurusan pendidikan yang akan mereka ambil, termasuk seluruh biayanya,” tandasnya.
 


(RRN)