Liga Europa 2014--2015

Singkirkan Fiorentina, Sevilla Kembali Tampil di Final Liga Europa

Achmad Firdaus    •    Jumat, 15 May 2015 04:02 WIB
liga europa 2014-15
Singkirkan Fiorentina, Sevilla Kembali Tampil di Final Liga Europa
Striker Sevilla, Carlos Bacca (putih) mencetak satu gol saat Sevilla menang 0-2 atas Fiorentina pada leg kedua babak semifinal Liga Europa (Foto: AFP/FILIPPO MONTEFORTE)

Metrotvnews.com, Florence: Juara bertahan Sevilla memastikan diri tampil kembali di partai puncak Liga Europa 2014--2015 usai menang 0-2 (agregat 5-0) atas Fiorentina pada leg kedua babak semifinal, Jumat 15 Mei dini hari WIB. Sevilla akan berhadapan dengan Dnipro Dnipropetrovsk pada partai puncak di National Stadium Warsawa, Polandia, 27 Mei 2015. 

Mengusung target mencetak empat gol untuk lolos ke final, Fiorentina langsung memperagakan permainan terbuka di hadapan pendukungnya yang memadati Stadion Artemio Franchi.

Namun, strategi ini justru membuat Sevilla mendapatkan banyak celah untuk melakukan serangan balik mematikan. Di awal laga, pasukan Unai Emery bahkan sudah mendapatkan dua kali tendangan pojok.

Tampil menekan, Fiorentina membuka peluang pada menit ke-16. Memanfaatkan sepak pojok, bek sekaligus kapten tim, Gonzalo Rodriguez sukses melepaskan sundulan keras, namun sayang masih bisa digagalkan kiper Sevilla, Sergio Rico.

Asyik menekan, Fiorentina sedikit lengah saat menjaga lini pertahanan, khususnya dalam mengantisipasi bola mati. Lewat skema tendangan bebas, Sevilla sukses mencetak gol lebih dulu.

Dari sisi lapangan, Ever Banega melepaskan umpan ke muka gawang sehingga menghadirkan sedikit kemelut. Carlos Bacca dengan jeli memanfaatkan situasi tersebut dan sukses menyambar bola liar untuk menaklukkan kiper Fiorentina, Norberto Neto. 0-1 Sevilla memimpin atau agregat 0-4 untuk keunggulan sang juara bertahan.

Belum sempat bangkit, Fiorentina kembali kecolongan gol lewat skema bola mati. Kali ini, umpan tendangan bebas Banega dari tengah lapangan, berhasil disambut Coke di sisi gawang. Ia langsung meneruskannya ke muka gawang yang disambar Daniel Carrico yang berdiri bebas di depan gawang. Fiorentina makin tenggelam karena tertinggal 0-2.

Meski demikian, para pemain Fiorentina belum mau menyerah. Pada menit ke-41, Mohammed Salah nyaris memperkecil ketertinggalan Fiorentina andai sepakannya tidak tipis di sisi gawang Sevilla.

Skor 0-2 untuk Sevilla bertahan hingga turun minum. Hal ini sepertinya menjadi akhir perjuangan Fiorentina. Pasalnya, kini mereka dituntut mencetak enam gol di babak kedua lantaran saat ini tertinggal agregat 0-5.

Tak patah arang, Fiorentina masih bersemangat mengejar ketertinggalan di babak kedua. Tekanan demi tekanan terus dilancarkan para penggawa La Viola.

Menit ke-67, Fiorentina mendapat peluang emas memperkecil ketertinggalan setelah wasit memberikan hadiah penalti menyusul aksi Grzegorz Krychowiak yang menjatuhkan David Pizzarro di kotak terlarang.

Nahas bagi Fiorentina, Josip Ilicic yang maju sebagai eksekutor gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Tendangan kerasnya malah melambung ke atas gawang.

Memasuki 15 menit terakhir laga, Sevilla nampak sudah cukup puas dengan hasil ini. Mereka tak lagi tampil ngotot, dan Unai Emery juga sudah menarik tiga pemain kuncinya, Ever Banega (55'), Carlos Bacca (70'), dan Vitolo (74').

Sementara itu, Fiorentina masih cukup bernafsu mencetak gol, setidaknya untuk menjaga gengsi mereka di hadapan publiknya. Sayang, hingga laga usai skor 0-2 untuk keunggulan Sevilla tetap bertahan.

Menang agregat 5-0, Sevilla akan berhadapan dengan wakil Ukraina, Dnipro Dnipropetrovsk di babak final. Sevilla berpeluang mengulang sukses mereka pada 2005--2006 dan 2006--2007 ketika menjuarai Liga Europa dalam dua musim beruntun.

Susunan pemain:
Fiorentina:
Neto; Savic, Gonzalo, Basanta/Pasqual (46'); Joaquin, Mati/Badelj (67'), Pizarro, Borja Valero, Alonso; Ilicic, Salah

Sevilla: Sergio Rico; Coke, Kolo, Carrico, Tremoulinas; Krychowiak, MBia; Aleix Vidal, Banega/Iborra (55'), Vitolo/Reyes (74'); Bacca/Gameiro (70')


(ACF)

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

8 hours Ago

KPK kembali memeriksa mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman. Irman diperiksa sebagai saksi un…

BERITA LAINNYA