Semifinal leg kedua Liga Europa

Dnipro Kubur Impian Napoli untuk Tampil di Final Liga Europa

Krisna Octavianus    •    Jumat, 15 May 2015 04:11 WIB
liga europa 2014-15
Dnipro Kubur Impian Napoli untuk Tampil di Final Liga Europa
Pemain Dniro merayakan gol yang dicetak oleh Yevhen Seleznov (Foto: AP/Efrem Lukatsky)

Metrotvnews.com, Dnipropetrovsk: Harapan Napoli untuk melaju ke final Liga Europa kandas. Hal itu terjadi setelah mereka dikalahkan oleh tuan rumah Dnipro Dnipropetrovsk di leg kedua semifinal Liga Europa, Jumat 15 Mei dini hari WIB dengan skor tipis 1-0.

Napoli yang ditahan imbang 1-1 di leg pertama tampil ngotot dan menggebrak sejak peluit tanda dimulainya babak dibunyikan. Anak asuh Rafael Benitez berulang kali sukses menekan pertahana Dnipro.

Bahkan, mereka sempat punya peluang emas di pertengahan babak pertama melalui kaki Gonzalo Higuain dan Manolo Gabbiadini. Akan tetapi, semuanya gagal menjadi gol.

Dnipro bukan tanpa peluang. Yevhen Konoplyanka pada menit ke-35 sukses membuat pertahanan Napoli yang digalang Raul Albiol dan Miguel Britos kocar-kacir, tapi usahanya masih gagal karena dihadang oleh Gokhan Inler.

Sampai peluit tanda babak pertama usai dibunyikan, gol yang ditunggu tak kunjung tiba dan memaksa kedua tim masuk ruang ganti dengan skor 0-0.

Pada babak kedua, Dnipro bermain lebih berani untuk keluar menyerang. Sementara itu, I Partenopei masih konsisten menyerang pertahanan anak asuh Myron Markevych.

Gol yang ditunggu pada pertandingan ini akhirnya tercipta juga  pada menit ke-58 lewat kaki Yevhen Seleznov. Striker asal Ukraina itu berhasil menanduk bola hasil umpan Yevhen Konoplyanka. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Dnipro.

Sadar tertinggal dan butuh gol untuk menyamakan agregat, Napoli menaikkan intensitas serangan. Akan tetapi, usaha mereka menemui kebuntuan karena apiknya pertahanan Dnipro yang digalang Douglas.

Sampai babak kedua usai, skor 1-0 untuk keunggulan Dnipro bertahan. Hasil ini membuat harapan Napoli untuk mengulang sukses menjejak partai final seperti yang pernah terjadi pada musim 1988--1989 gagal terwujud.

Kekalahan Napoli ini juga berarti membuat All-Italian Final di Liga Europa gagal terwujud. Pasalnya, di semifinal lainnya, wakil Italia lainnya Fiorentina harus menerima kenyataan kalah 0-2 di leg kedua yang membuat mereka kalah agregat 0-5 dari Sevilla.

Susunan pemain kedua tim:

Dnipro: Boyko; Fedetskiy, Douglas, Cheberyachko, Leo Matos; Kankava, Fedorchuk; Luchkevych, Rotan, Konoplyanka; Seleznyov

Napoli: Andujar; Maggio, Albiol, Britos, Ghoulam; David Lopez, Inler; Callejon, Gabbiadini, Insigne; Higuain


(ACF)