On This Day: Gol Indah Zidane Antar Madrid Juara Liga Champions

Achmad Firdaus    •    Jumat, 15 May 2015 07:38 WIB
pada hari ini
<i>On This Day</i>: Gol Indah Zidane Antar Madrid Juara Liga Champions
Para penggawa Real Madrid saat merayakan gelar Liga Champions kesembilan dengan mengalahkan Bayer Leverkusen (Foto: Goal)

Metrotvnews.com, Jakarta: Hari ini, 13 tahun lalu, Real Madrid sukses meraih trofi Liga Champions ke-9. Madrid juara usai menaklukkan Bayer Leverkusen dengan skor tipis 2-1 di final.

Duel Madrid kontra Leverkusen di partai puncak Liga Champions musim 2001--2002 berlangsung di Hampden Park, Glasgow, Skotlandia, 15 Mei 2015 atau tepat pada hari ini 13 tahun yang lalu.

Laga ini merupakan ulangan partai perempat final Liga Champions musim 1997--1998. Kala itu, Madrid sukses menaklukkan Leverkusen dengan agregat 4-1 dan kemudian merebut titel juara ketujuhnya.

Nah, pada pertemuan kali ini, Madrid dihuni sejumlah pemain bintang seperti Zinedine Zidane, Luis Figo, Roberto Carlos, dan Fernando Morientes. Sementara Leverkusen bertumpu pada Michael Ballack, Oliver Neuville, Bernd Schneider, dan Lucio.

Tampil mendominasi, Madrid membuka kran gol pada menit ke-8 lewat aksi Raul Gonzales. Namun, keunggulan tersebut tidak bertahan lama lantaran Leverkusen sukses menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat gol balasan Lucio pada menit ke-13.

Klimaks duel ini terjadi di penghujung babak pertama. Diawali pergerakan Roberto Carlos di sisi kanan pertahanan Leverkusen, pemain Brasil tersebut kemudian mengirimkan umpan ke tepi kotak penalti yang langsung disambar tendangan voli kaki kiri Zidane yang meluncur deras ke gawang Hans Jorg Butt. Madrid pun menang dengan skor 2-1.

Usai sukses ini, Madrid harus menunggu cukup lama (12 tahun) untuk kembali menjadi raja di kompetisi paling elite Eropa. Penantian panjang Madrid akhirnya berakhir pada musim 2013--2014 ketika Carlo Ancelotti sukses mengantar Cristiano Ronaldo dkk merebut trofi Liga Champions ke-10 (La Decima) usai menang 4-1 atas Atletico Madrid via babak perpanjangan waktu setelah bermain 1-1 di waktu normal.

Berikut video laga final Madrid vs Bayer Leverkusen:

 


(ACF)