51 Satwa Langka Dilindungi Dikembalikan Warga ke Negara

Meilikhah    •    Jumat, 15 May 2015 08:10 WIB
51 Satwa Langka Dilindungi Dikembalikan Warga ke Negara
Seekor Kakatua Jambul Kuning (Foto: MI--Galih Pradipta)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, mendatangi Posko 'Save Kakatua Jacob Jambul Kuning' di lingkungan Kementerian LHK di gedung Pusat Kehutanan Manggala Wanabakti, jalan Gatot Subroto Jakarta Selatan pada Kamis (14/5/2015).

Ia mengatakan kesadaran masyarakat terhadap kelestarian satwa kini sangat tinggi. Terbukti, sekitar 51 ekor Kakatua Jambul Kuning sudah diserahkan kepada negara.

"Pendekatan persuasif seperti ini sangat baik dan pola ini akan diteruskan. Tidak hanya terbatas pada Kakatua Jambul Kuning, tapi pada satwa langka dilindungi lainnya," ujar Siti Nurbaya, dalam keterangan pers yang diterima Metrotvnews.com, Jumat (15/5/2015).

Posko Save JJK Kementerian LHK ini dibuka sejak 8 Mei 2015 lalu dan merupakan tindak lanjut kasus penangkapan Kakatua Jambul Kuning yang diselundupkan dalam kemasan botol. Posko ini dibuka setiap hari di jam kerja untuk memfasilitasi pengembalian satwa liar dilindungi dari masyarakat kepada negara.

Untuk memudahkan akses pengembalian satwa liar, masyarakat tak hanya dapat menyerahkannya melaui posko KLHK, namun dapat juga mendatangi ke kantor BKSDA di seluruh provinsi maupun lembaga konservasi seperti Taman Mini Indonesia Indah, Kebun Binatang Ragunan, dan lainnya.

Pada saat pengembalian, petugas akan melakukan pendataan asal-usul satwa, lamanya pemeliharaan, jenis makanan dan dokumentasi foto satwa saat diterima.

Pada Kamis 14 Mei kemarin, posko KLHK mencatat ada 11 ekor satwa yang dikembalikan masyarakat dengan rincian 2 ekor Kakatua di KSDA Jawa Barat dan 9 ekor Kakatua di KSDA DKI Jakarta dengan total satwa yang diterima sejak 8-14 Mei kemarin berjumlah 51 ekor.

 
(MEL)