Liga Champions Wanita 2015

Frankfurt Juara Liga Champions Wanita untuk Kali Keempat

Achmad Firdaus    •    Jumat, 15 May 2015 09:15 WIB
liga champions
Frankfurt Juara Liga Champions Wanita untuk Kali Keempat
Selebrasi para pemain tim wanita Frankfurt usai jadi juara Liga Champions wanita 2015 (Foto: AFP/JOHN MACDOUGALL)

Metrotvnews.com, Berlin: Klub sepak bola wanita, 1. FFC Frankfurt mencetak rekor meraih empat titel juara Liga Champions wanita. Hasil itu diraih Kerstin Garefrekes dan kawan-kawan usai menang tipis 2-1 atas Paris Saint German (PSG) di partai puncak, Kamis 14 Mei 2015 malam tadi.

Bertanding di Berlin, Frankfurt sempat mendapat perlawanan sengit dari PSG yang tengah mengincar gelar juara pertamanya. PSG yang sukses menaklukkan lawan-lawan tangguh seperti Olympique Lyon (juara Ligue 1) dan Vfl Wolfsburg (dua kali juara) dalam perjalannya menuju final, mampu menahan imbang Frankfurt di 30 menit pertama.

Namun, pertahanan solid PSG akhirnya rontok pada menit ke-32. Celia Sasic sukses membawa Frankfurt unggul 1-0 lewat sebuah sundulan yang memanfaatkan umpan sang kapten, Kerstin Garefrekes.

Tertinggal 0-1, PSG langsung merespons dan sukses menyamakan kedudukan pada menit ke-40 lewat gol Marie-Laure Delie yang juga lewat tandukan. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, pertandingan keduanya kembali berjalan alot. Bahkan laga sempat diprediksi akan berlanjut ke babak perpanjangan waktu setelah skor 1-1 bertahan hingga menit 90'.

Namun, Frankfurt menunjukkan mental juaranya di fase krusial ini. Di masa injury time (90+1'), Frankfurt sukses memastikan kemenangan 2-1 berkat gol Mandy Islacker. Kanselir Jerman, Angela Merkel yang turut menyaksikan secara langsung pertandingan ini pun sontak berjingkrak kegirangan menyambut sukses Frankfurt jadi juara Liga Champions wanita musim ini.


(Foto: Para pemain Frankfurt merayakan gol kemenangan atas PSG/AFP/JOHN MACDOUGALL)

Sukses ini menjadi rekor tersendiri buat Frankfurt. Mereka kini tercatat sebagai tim dengan koleksi gelar juara terbanyak, yakni empat titel (2002, 2006, 2008, dan 2015). Frankfurt mengungguli tim-tim seperti Turbine Postdam (Jerman), Vfl Wolfsburg (Jerman), Umea (Swedia), dan Lyon (Prancis) yang sama-sama mengoleksi dua trofi juara.

Sukses Frankfurt membuat Jerman kian digdaya sebagai negara dengan koleksi trofi Liga Champions wanita terbanyak. Klub-klub asal Jerman menjuarai 9 dari total 14 edisi yang sudah digelar.

Kesuksesan ini tentu menjadi suntikan motivasi besar untuk Timnas Jerman yang akan berlaga di Piala Dunia Wanita di Kanada, tiga pekan mendatang. (AFP)


(ACF)