Pertamina Batal Naikkan Harga BBM, Pengamat: Koordinasi Lemah

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 15 May 2015 12:16 WIB
harga bbm
Pertamina Batal Naikkan Harga BBM, Pengamat: Koordinasi Lemah
Ilustrasi. MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Pertamina (Persero) seakan kebingungan dengan keputusan menaikkan atau tidak menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) khusus dan umum. Pasalnya, kemarin siang Pertamina mengumumkan akan menaikkan harga BBM, namun pada malam harinya mendadak dibatalkan.

Pengamat energi, Komaidi Notonogoro menilai sikap ini menunjukkan koordinasi yang lemah antara pemerintah dan Pertamina.

"Ini menunjukkan bahwa koordinasi dari pemerintah dan Pertamina cukup lemah. Seharusnya dikoordinasikan terlebih dahulu oleh pemerintah, kemudian baru disampaikan ke publik," kata Komaidi saat dihubungi Metrotvnews.com, di Jakarta, Jumat (15/5/2015).

Dia beranggapan, bila hal semacam ini terulang kembali nantinya kredibilitas pemerintah dan Pertamina di depan publik bisa dipertaruhkan.

"Saya rasa itu ajaran yang sangat berharga, bahwasannya kordinasi diinternal pemerintah itu penting untuk menciptakan sebuah kepercayaan publik kepada instansi-instansi pemerintah. Jangan sampailah terulang kedepannya," cetus dia.

Sebelumnya, kemarin siang Kamis 14 Mei 2015, melalui surat edaran, PT Pertamina menaikkan harga BBM dan BBK per tanggal 15 Mei 2015 pukul 00.00 untuk Wilayah Marketing Operation Region III meliputi Jakarta dan Pulau Jawa bagian barat.

Tapi sebelum tanggal 15 Mei 2015, mendadak Pertamina mengumumkan tidak ada kenaikan, bahkan VP Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro mengatakan menunda kenaikan harga BBM tersebut. "Benar kita tunda dulu. Pak AB (Direktur Pemasaran PT Pertamina (Persero) Ahmad Bambang) yang konfirmasi pada saya perihal penundaan ini," pungkas Wianda.


(WID)

Kasus KTP-el, KPK Periksa Mayus Bangun untuk Setya Novanto

Kasus KTP-el, KPK Periksa Mayus Bangun untuk Setya Novanto

2 hours Ago

KPK hari ini memeriksa Chief Business Operation PT Astra Graphia IT Mayus Bangun, Astra Graphia…

BERITA LAINNYA