Ilmuwan AS Temukan Metode Baru untuk Memeriksa Korban Radiasi Nuklir

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 15 May 2015 14:08 WIB
teknologi
Ilmuwan AS Temukan Metode Baru untuk Memeriksa Korban Radiasi Nuklir
Metode baru pemeriksaan radiasi nuklir ini melibatkan analisis pada microRNA (foto: SlashGear)

Metrotvnews.com: Dampak radiasi yang ditimbulkan dari bencana bocornya reaktor nuklir di Fukushima, Jepang memang luar biasa. Tidak hanya lingkungan dan hewan, radiasi nuklir pun telah terdeteksi di beberapa orang yang tinggal di sekitar area kebocoran nuklir tersebut. Dampak dari paparan radiasi nuklir memang tidak dapat dilihat oleh mata telanjang, dan harus melalui tes darah dengan proses yang panjang.

Berangkat dari hal ini, para ilmuwan dari Harvard Medical School dan Montefiore Medical Center, Amerika Serikat, mencoba menemukan metode uji darah baru untuk para korban paparan radiasi nuklir. Uji coba darah tersebut diklaim dapat meneliti efek dari paparan radiasi nuklir pada seseorang dalam jangka waktu yang panjang dan dengan proses pemeriksaan yang singkat. Metode tersebut menggunakan pemeriksaan terhadap microRNA yang ternyata dapat memberitahu besarnya kerusakan sel pada tubuh seseorang akibat radiasi nuklir.

Hingga saat ini, penelitian masih berlangsung dan sejauh ini metode tersebut masih hanya diujicobakan pada tikus. Untuk kedepannya, para peneliti akan bergerak pada uji terhadap manusia. Meskipun demikian, para peneliti tersebut dihadapkan oleh masalah dana yang terbatas.

Menurut salah satu peneliti yang bernama Dipanjan Chowdhury, untuk menguji metode ini pada manusia dibutuhkan obat khusus bersama dengan kemoterapi terhadap pasien, dan hal tersebut membutuhkan dana yang tidak sedikit. Jika berhasil, maka metode pemeriksaan ini dapat menyelamatkan banyak orang. (SlashGear)


(ABE)

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

13 hours Ago

Politikus Hanura Miryam S Haryani mengaku mencabut seluruh isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) d…

BERITA LAINNYA