Balada Tukang Foto Keliling di Acara Kelulusan Siswa

Intan fauzi    •    Jumat, 15 May 2015 16:48 WIB
un berbasis komputer
Balada Tukang Foto Keliling di Acara Kelulusan Siswa
Deki menunjukkan foto salah satu siswa. Foto: MTVN.com/Intan Fauzi.

Metrotvnews.com, Jakarta: Siswa-siswa SMA Negeri 78 Jakarta sedang bersuka cita merayakan kelulusan. Hari ini hasil ujian nasional berbasis komputer yang mereka ikuti pada 13-16 April lalu diumumkan. 

Di tengah suka cita itu nampak sosok yang sering terlupa: tukang foto keliling. Hari ini belasan tukang foto keliling berpencar di lingkungan SMA Negeri 78 Jakarta yang berlokasi di Jalan Bhakti IV, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. 

Mereka sibuk mengabadikan momen kebahagiaan para siswa. Sebagian lagi ada yang sibuk mematutkan wajah para siswa dengan lembaran foto yang digenggamnya. Mereka berharap ada yang sesuai.

Jika ada yang sesuai, pertanda keberuntungan segera menghampiri mereka. Bisa jadi tidak. "Kadang ditebus, kadang enggak," ujar salah satu tukang foto keliling, Deki, kepada Metrotvnews.com, Jumat (15/5/2015).

Deki biasanya mematok tarif Rp20 ribu untuk selembar foto. Tarif itu bukan harga mati. Bisa kurang dari harga itu. Prinsip dia, yang penting foto terjual.

"Kalau mau nebus kadang enggak ditarifin, ada tawar menawar. Kalau mereka mau kita kasih, enggak ada unsur pemaksaan," terang Deki.

Profesi tukang foto keliling sudah mulai meredup. Banyak masyarakat yang mengabadikan momen mereka sendiri tanpa harus membayar jasa, baik menggunakan kamera maupun telepon pintar.

Jika sedang mujur, Deki dapat membawa pulang ratusan ribu sehari. Kadang ia pulang dengan tangan kosong. Tumpukan lembaran foto ia bawa pulang.

"Kalau lagi bagus bisa Rp 200-300 ribu. Kalau sepi ya rugi," kata Deki yang sudah delapan tahun menjalani profesi itu. 


(DOR)

KPK Bantah Ada Negosiasi di Kasus KTP-el

KPK Bantah Ada Negosiasi di Kasus KTP-el

1 hour Ago

Tudingan adanya negosiasi dalam kasus korupsi KTP elektronik dibantah Ketua KPK Agus Raharjo. S…

BERITA LAINNYA