Veronica Colondam: Sanksi tidak Jawab Ketergantungan Artis pada Narkoba

- 27 Januari 2013 19:50 wib
<p>MI/Adam Dwi/fz</p>

MI/Adam Dwi/fz

Metrotvnews.com, Jakarta: Pendiri Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) Veronica Colondam menganggap kecenderungan pemakaian narkoba di kalangan para artis merupakan hal yang sulit ditebus sanksi. Veronica merujuk berbagai kasus narkoba yang kerap menimpa artis tak kunjung memberikan efek jera bagi sesama selebritas.

"Mereka nggak peduli, mau temenya masuk penjara, kehilangan nama baik, bahkan dihukum mati, tetap saja banyak yang masih 'make'," ujar Veronica saat dihubungi Minggu (27/1), terkait dugaan pesta narkoba di rumah Raffi Ahmad yang juga menyeret Wanda Hamidah, serta pasangan muda suami-istri Irwansyah dan Zaskia Sungkar.

Hal pertama yang melatarbelakangi kondisi tersebut menurut Veronica yakni gaya hidup hura-hura yang dekat dengan alkohol dan psikotropika. Kemudian ketiadaan kekuatan untuk menolak hal tersebut dari dalam diri sendiri akibat tidak adanya pendidikan tentang bahaya narkoba sejak kecil.

"Pendidikan yang ditanamkan sejak kecil cenderung lebih mengakar dalam diri seseorang. Karenanya dalam hal ini saya lebih mementingkan pendidikan tentang narkoba sebagai solusi ketimbang sanksi," ujar Veronica.

Belum lagi, lanjut Veronica, kultur masyarakat Indonesia yang cenderung pelupa dan pemaaf turut melanggengkan kebiasaan para artis ini. "Mereka pikir, ngga masalah masuk penjara, toh masih banyak penggemar setia dan akan tetap laku ini. Jadi ya tadi satu-satunya solusi. Pendidikan," ujar Veronica menandaskan.

Tertangkapnya Raffi Ahmad dengan dugaan pesta narkoba, menambah panjang daftar selebritas yang terjerat candu narkoba. Sebut saja Ibra Azhari, Hengky Tornado, Derry Sudarisman, Revaldo, Zarima Mirafsur, Doyok, Polo, Sheila Marcia, Sammy Simorangkir--vokalis Kerispatih--dan Margono alias Gogon.

Kemudian Jennifer Dunn, penyanyi Dangdut Imam S Arifin, dan pesinetron Ade Ivay alias Fahria Mumtaz. Di jajaran selebritas senior ada juga nama Ahmad Albar, Fariz RM, dan Roy Marten. (Soraya Bunga Larasati/OL-2)

()

ANT/M Agung Rajasa

DPW masih Tunggu Jawaban DPP PPP

17 April 2014 22:50 wib

SURAT yang ditujukan bagi Suryadharma tidak sedikitpun mengindikasikan gerakan makar.