Pemerintah Belum Putuskan Impor Beras

Desi Angriani    •    Jumat, 15 May 2015 18:01 WIB
beras
Pemerintah Belum Putuskan Impor Beras
Ilustrasi. MI/Immanuel Antonius

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menegaskan, pemerintah belum mengambil keputusan terkait impor beras. Pasalnya, stok beras di Perum Bulog masih mencukupi.

"Belum, mereka melihat sampai sekarang dengan kemampuan mereka, mereka dapat menyerap," kata Rini di Istana Negara, Jalan Veteran, Jakarta, Jumat (15/5/2015).

Bulog, lanjut dia, masih mempunyai stok 1,2 juta ton beras meski panen kali ini berbeda dari tahun lalu. Dia berharap 35 ribu ton beras yang direncanakan diserap hari ini dapat terealisasi.

"Kita harapkan per hari ini mereka sudah bisa menyerap sampai 35 ribu ton," ujarnya.

Kendati demikian, Menteri BUMN itu tetap mengisyaratkan pengadaan beras dari luar negeri bisa saja terlaksana. "Presiden sudah mengatakan kalau memang nantinya perlu toh dengan cepat kita bisa mengimpor," pungkas dia.

Sebelumnya, Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto menyampaikan, Presiden Jokowi masih kukuh dengan komitmennya untuk tidak mengimpor beras. Salah satu aturan di dalam Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2015 yang mengatur kebijakan impor beras itu hanya akan dikeluarkan sesuai kebutuhan.

"Sampai hari ini kebijakannya tidak impor beras. Kalau ada keharusan untuk itu maka pasti membutuhkan pertimbangan yang sangat dalam dan serius yang disampaikan oleh Bulog dan Kementerian Perdangangan atau (Menko) Ekonomi," kata Andi.


(WID)

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

13 hours Ago

Politikus Hanura Miryam S Haryani mengaku mencabut seluruh isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) d…

BERITA LAINNYA