Tahun Ini, Garuda Indonesia Gelontorkan USD130 Juta untuk Capex

Husen Miftahudin    •    Jumat, 15 May 2015 18:13 WIB
garuda indonesia
Tahun Ini, Garuda Indonesia Gelontorkan USD130 Juta untuk Capex
Ilustrasi. Antara/Rosa Panggabean

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menganggarkan belanja modal atau capital expenditure (capex) pada tahun ini sebanyak USD130 juta. Realisasi capex untuk kuartal I/2015 sendiri sebesar USD4,3 juta.

Direktur Keuangan Risiko dan Teknologi Informasi Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra mengungkapkan, dana sekitar USD40 juta ditujukan untuk biaya operasional. Sedangkan USD40 juta untuk biaya perawatan atau maintenance dan USD30 juta untuk biaya pelayanan atau service.

"Sisanya yang kecil-kecil untuk Sumber Daya Manusia (SDM)," tutur Ari Askhara usai Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di kantor Garuda Indonesia Center, Kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Jumat (15/5/2015).

Di sisi lain, lanjut dia, untuk jangka pendek perseroan akan mendapatkan pendanaan capex dari perbankan. Sedangkan dalam jangka panjang, dana capex berasal dari kas internal perseroan.

"Ikuti pola transaksi di Garuda pada jangka panjang capex dari internal kas, dari free cashflow. Alokasi capex untuk operasional dan servis, tingkatkan dan safety standard di Garuda untuk pesawat off balance sheet," pungkas Ari.

Sebelumnya, emiten penerbangan pelat merah tersebut sempat mengalokasikan belanja modal sebesar USD200 juta. Sementara itu, selama periode kuartal I/2015, Garuda Indonesia membukukan peningkatan pendapatan penumpang sebesar 10,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, dari USD681,0 juta pada kuartal I/2014 menjadi USD753,5 juta di periode yang sama tahun ini.


(WID)