Menteri ESDM: Jokowi Izinkan Indonesia Masuk OPEC Kembali

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 15 May 2015 18:15 WIB
opec
Menteri ESDM: Jokowi Izinkan Indonesia Masuk OPEC Kembali
Menteri ESDM Sudirman Said (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengetahui niat dan rencana untuk Indonesia bergabung kembali di Organization of Petroleum Exporting Countries (OPEC).

Menurut Sudirman, kembalinya Indonesia ke organisasi negara pengekspor minyak dunia tersebut disambut cukup baik oleh Presiden Jokowi. Bahkan, Sudirman mengatakan, Presiden telah menyetujui hal tersebut.

"Sudah. Beliau sangat sependapat karena kita harus bergaul dengan market dan kita salah satu pembeli terbesar. Jadi, wajar kalau kita harus dekat dengan eksportir," kata Sudirman, saat konferensi pers, di Kantor Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (15/5/2015).

Sudirman menambahkan bahwa dirinya telah meminta izin untuk menghadiri sidang OPEC pada Juni mendatang. "Dan kedua, barusan saya sampaikan lagi pada 3-4 juni akan hadir disidang OPEC," ungkap dia.

Seperti diketahui sebelumnya, Menteri Sudirman Sudirman Said merencanakan agar Indonesia kembali masuk ke dalam lingkup organisasi OPEC sebagai peninjau (observer) pada tahun ini.


(ABD)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

13 hours Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA