Bahas Blok Mahakam, Bos Total Temui Jokowi

Desi Angriani    •    Jumat, 15 May 2015 18:35 WIB
blok mahakam
Bahas Blok Mahakam, Bos Total Temui Jokowi
Presiden Jokowi temui bos Total di Istana Negara. FOTO: MTVN/Desi Angriani

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo menerima kunjungan bos Total Group Patrick Pouyanne. Kunjungan Patrick bersama dengan Presiden Total E&P Arnaud Breuillax, dan Senior Vice President Asia Pacific Olivier de Langavant.

Menteri ESDM Sudirman Said pun memaparkan hasil pertemuan antara Jokowi dan bos-bos dari perusahaan asal Prancis tersebut. Ada dua hal yang disampaikan oleh ketiganya.

"Mereka menyampaikan dua hal. Pertama, mereka menyatakan komitmen untuk terus investasi di Indonesia lebih dari 50 tahun dan mereka terus ingin ada di sini untuk terus membangun migas di Indonesia," kata Sudirman, di Istana Negara, Jakarta, Jumat (15/5/2015).

Kedua, tambah Sudirman, mengenai masa depan Blok Mahakam. Dia menuturkan, pihak Total sudah memahami Indonesia bermaksud meneruskannya sebagai operator, maka Total siap bekerja sama dengan Pertamina sebagai NOC (perusahaan nasional).

"Soal pembagian saham, akan kita diskusikan lebih jauh, presiden memberikan waktu sebulan dari sekarang harus ada kesepakatan yang saling menguntungkan," jelas Sudirman.

Selain itu, Pemerintah juga memberi kesempatan Total untuk terus berada di Indonesia dan Pertamina menjadi operator pada waktunya. Serta kesiapan Total untuk mengalihkan teknologi kepada Pertamina secara gradual untuk menjadi operator secara penuh.


(AHL)