Pola Penetapan Harga BBM Bakal Diputuskan November Nanti

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 15 May 2015 19:26 WIB
harga bbm
Pola Penetapan Harga BBM Bakal Diputuskan November Nanti
Ilustrasi. ANTARA/Prasetyo Utomo

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan November nanti baru akan bisa mengetahui frekuensi penyesuaian penetapan harga BBM.

Sampai saat ini, pemerintah masih akan mengkaji frekuensi kenaikan harga BBM subsidi. Pasalnya saat ini, pola pengaturan penetapan kenaikan BBM terlalu cepat sebulan sekali.

"Saya minta waktu setahun setelah subsidi ibu dicabut kita akan ketemu pola. Kita putuskan bulan November dan itu bertepatan dengan setahun setelah pemerintahan berjalan setahun dan setelah kebijakan itu ditetapkan," kata Sudirman saat konferensi pers di kantor Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (15/5/2015).

Sementara, untuk BBM non subsidi, pemerintah akan sepenuhnya menyerahkan kewenangan kepada Pertamina. Namun, Sudirman secara khusus tetap meminta agar korporasi memutuskan juga secara bijak agar tidak merepotkan perencanaan.

"Selanjutnya untuk BBM yang nonsubsidi menjadi domainnya korporasi, silakan memutuskan. Tidak perlu ada keriuhan. Terhadap yang subsidi pemerintah terus mengkaji frekuensinya seperti apa, sebaiknya seberapa sering, karena perubahan yang terlalu sering itu disadari merepotkan perencanaan," ujar Sudirman.

Sebagai informasi, kemarin Pertamina melalui surat edaran akan menaikkan Bahan Bakar Minyak (BBM) khusus dan umum. Tetapi, secara mendadak kenaikan tersebut dini hari tadi ditunda.


(WID)