Ini Siswa Peraih Nilai UN Tertinggi di Yogyakarta

Patricia Vicka    •    Jumat, 15 May 2015 20:22 WIB
ujian nasional sma
Ini Siswa Peraih Nilai UN Tertinggi di Yogyakarta
Ilustrasi siswa mengerjakan soal UN. Foto: MI/Immanuel Antonius

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Pengumuman kelulusan sekaligus nilai Ujian Nasional (UN) telah dilakukan serempak di seluruh Indonesia hari ini.

Di Yogyakarta, pengumuman UN dilakukan serempak pukul 10.00 WIB. Sekolah mana yang memperoleh predikat nilai UN terbaik di IPA dan IPS se-Yogyakarta?

Berdasarkan data Dinas Pendidikan DIY, lima besar sekolah peraih nilai UN tertinggi jurusan IPA diraih SMAN 3 kota Yogyakarta dengan nilai rata-rata 496,79. Lalu SMAN 1 Yogyakarta dengan nilai 487,95, dan urutan ketiga adalah SMAN 8 Yogyakarta dengan nilai 476,20.

Untuk jurusan IPS predikat tertinggi diraih SMAN 8 Kota Yogyakarta dengan nilai 492,73. Posisi kedua diraih SMAN 3 Yogyakarta dengan nilai 491,62, dan peringkat ketiga dicapai SMAN 1 Yogyakarta dengan nilai 487,92.

"Peserta dengan nilai terbaik adalah Selma Mutiara Hani dari SMAN 3 Yogyakarta dengan nilai 500-an. Saya lupa angka pastinya," ujar Kasidik Pora DIY, Baskara Aji, di Hotel Ibis Yogyakarta, Jumat (15/5/2015).

Namun, Baskara belum mengetahui jumlah siswa yang tidak lulus di DIY. "Saya belum tahu. Karena tahun ini hanya pihak sekolah yang menentukan lulus tidaknya seseorang. Besok saya baru dapat laporannya dari sekolah," tutur pria yang mengenakan kemeja batik berwana coklat ini.

Ia merasa puas dan bangga dengan pencapaian siswa-siswa SMA di DIY. "Saya bangga dengan murid-murid SMA di Yogyakarta. Biar pun kemarin ada soal yang bocor, tapi mereka tidak menggunakannya untuk memperoleh nilai tinggi," tukasnya.

Ia juga senang karena kelulusan tahun ini tidak dirayakan dengan konvoi bising di jalan. "Kami memang mengimbau sekolah untuk melarang siswanya konvoi di jalan. Alhamdullilah, hari ini saya tak dengar bunyi motor bising di jalan," tutupnya.

Ditemui di tempat terpisah, Humas SMAN 3 Yogyakarta Agus merasa bangga dengan pencapaian salah satu anak didiknya yang meraih nilai UN tertinggi se-Yogyakarta

"Nilai UN IPA siswa kami tahun ini meningkat dibanding tahun lalu. Sayangnya, nilai IPS-nya menurun. Tapi, masih cukup membanggakan," tuturnya pada Metrotvnews.com di SMAN 3 Yogyakarta.


(UWA)