JK: Para Pengungsi Ingin Pergi ke Australia Bukan Indonesia

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 16 May 2015 11:34 WIB
rohingya
JK: Para Pengungsi Ingin Pergi ke Australia Bukan Indonesia
Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, London: Wakil Presiden Jusuf Kalla berbicara mengenai pengungsi Rohingya dan Bangladesh yang saat ini datang ke perairan Indonesia. JK menjelaskan bahwa tujuan utama mereka ada Australia dan Malaysia.
 
Ketika diwawancara oleh BBC, JK menegaskan bahwa para pengungsi ini tidak ingin pergi ke Indonesia.
 
"Kami menerima kapal yang mengalami rusak dan tidak bergerak di perairan Indonesia, seperti pengungsi Myanmar dan Bangladesh," ujar JK, seperti dikutip BBC, Sabtu (16/5/2015). 
 
Peter Dobbie yang mengajukan pertanyaan kepada JK, mempertanyakan kebijakan pemerintah mengenai kapal pengungsi berisi warga Rohingya dan Bangladesh ini. Dobbie membandingkan, jika sebuah pesawat dalam kondisi darurat di wilayah udara Indonesia, apakah pemerintah akan memberikan bantuan.
 
JK kemudian menjawab, "Mereka bisa mendarat. sama seperti kapal. Sekali lagi ada lebih dari 700 pengungsi yang berada tempat rehabilitasi di Aceh dan Sumatera".
 
"Tapi perlu diingat bahwa ini kapal berisi pengungsi , targetnya bukan Indonesia. Sekali lagi targetnya bukan Indonesia. di Indonesia sulit untuk mencari kerja. Biasanya mereka ingin ke Australia atau Malaysia. Lebih mudah untuk mendapatkan kerja di sana. Di Indonesia susah untuk mereka cari kerja," tegas pria kelahiran Watampone itu.
 
Namun mantan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat era Megawati ini menegaskan, Indonesia akan melakukan penyelamatan terhadap para pengungsi yang dalam kondisi darurat. "Tetapi tetap harus diingat para pengungsi itu  ingin pergi ke negara lain. Jika mereka ingin pergi, kami bisa memberikan pasokan makanan dan kebutuhan lain," tutupnya.



(FJR)