DI Yogyakarta, Provinsi Paling Berintegritas dalam Pelaksanaan UN

Intan fauzi    •    Sabtu, 16 May 2015 15:01 WIB
ujian nasional
DI Yogyakarta, Provinsi Paling Berintegritas dalam Pelaksanaan UN
Siswa SMA De Brito merayakan kelulusan dengan berfoto bersama di Perempatan Tugu, Yogyakarta, Selasa (20/5). (Foto: Antara/Noveradika).

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengumumkan provinsi yang meraih peringkat indeks integritas tertinggi dalam pelaksanaan UN SMA/sederajat 2015. Prestasi itu berhasil disabet Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Peringkat pertama indeks integritas tertinggi diperoleh DI Yogyakarta," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan, seperti yang dirilis dalam situs resmi kemdiknas, Sabtu (16/5/2015).

Posisi Yogyakarta itu disusul oleh enam provinsi, secara berturut-turut yakni Bangka Belitung, Kalimantan Utara, Bengkulu, Kepulauan Riau, Gorontalo, dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Hasil indeks integritas dari yang tertinggi hingga terendah akan dilaporkan ke setiap pemimpin daerah masing-masing. 

"Setiap Gubernur akan menerima potret kejujuran sekolah di provinsinya. Setiap Bupati akan menerima potret kejujuran sekolah di kabupatennya," sambungnya.

Setelah provinsi dengan indeks integritas tertinggi, Kemendikbud akan mengumumkan sekolah dengan indeks integritas tertinggi dan hasil terbaik. 

"Nanti pengumumannya sekolah berintegritas UN tinggi dan hasil yang baik," kata Kepala Pusat Penelitian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud, Nizam, saat dihubungi Metrotvnews.com.

Untuk sementara, DI Yogyakarta menempati peringkat indeks integritas tertinggi. Namun nantinya, lanjut Nizam, penilaian integritas akan digabung dengan prestasi sekolah di wilayah itu. "Nantinya digabung dengan prestasi sekolah," tutup Nizam.


(DRI)