Jus Jeruk Cegah Kepikunan pada Lansia

Nia Deviyana    •    Sabtu, 16 May 2015 16:57 WIB
kesehatan
Jus Jeruk Cegah Kepikunan pada Lansia
Foto: abcnews.go.com

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepikunan pada orang lanjut usia kerap dianggap sebagai hal yang lumrah oleh sebagian besar orang. Padahal, kepikunan merupakan indikasi adanya penyakit Alzheimer yang bisa mempengaruhi kesehatan maupun kualitas hidup lansia.

Banyak penelitian mengungkap manfaat makanan tertentu untuk meningkatkan kemampuan otak para lansia. Salah satunya, dengan mengkonsumsi dua gelas jus jeruk setiap hari tanpa gula.

Hasil studi menemukan, jus jeruk memiliki bahan kimia yang disebut flavonoid yang berfungsi meningkatkan memori dengan cara mengaktifkan jalur hipocampus (bagian otak yang berhubungan dengan penyimpanan informasi).

"Manfaat minum jus jeruk untuk meningkatkan memori pada lansia bisa dilihat hasilnya kurang dari dua bulan," ujar Dr. Daniel Lamport, peneliti dari University of Reading, Inggris, seperti dikutip Daily Mail, Sabtu (16/5/2015).

Sebagai bukti, tim dari peneliti telah menganalisis 24 peserta wanita dan 13 peserta pria berusia 60-81 tahun. Peneliti mencatat adanya kenaikan fungsi otak dalam menyimpan memori sebanyak 8 persen setelah para peserta diberikan jus jeruk setiap harinya selama kurang dari dua minggu.

Selain jeruk, ada juga sumber makanan lain yang kaya akan flavonoid, yakni cokelat, anggur merah serta teh. Namun, flavonoid pada ketiga makanan itu bukan berjenis flavanon layaknya jeruk.

"Flavanon merupakan jenis flavonoid yang paling mudah diserap tubuh. Dan itu ada pada jeruk," imbuhnya.

Penelitian ini telah dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition.


(AWP)