Pemakai Narkoba Dapat Diidentifikasi Melalui Sidik Jari

Nia Deviyana    •    Sabtu, 16 May 2015 17:13 WIB
kesehatan
Pemakai Narkoba Dapat Diidentifikasi Melalui Sidik Jari
Foto: ethiopian-news.com

Metrotvnews.com, Jakarta: Umumnya, tes pemakaian narkoba dilakukan dengan memeriksa sampel air seni atau darah. Namun, peneliti menemukan, tes tersebut kini bisa dilakukan dengan menggunakan sidik jari.

Hasil penelitian yang dipublikasikan pada situs Royal Society of Chemistry (RSC) ini memaparkan metode yang digunakan untuk mengindentifikasi pemakaian narkotika melalui sidik jari.

Dalam sebuah penelitian, para ilmuwan menganalisis sidik jari beberapa pasien di pusat rehabilitasi menggunakan proses yang disebut spektrometri massa. Seseorang yang menggunakan kokain, tubuhnya akan menghasilkan komponen yang disebut benzoylecgonine dan methylecgonine.

Saat dilakukan teknik spektrometri massa, kedua residu komponen tersebut akan tertinggal pada sampel sidik jari yang sudah diambil.

"Hasil ini menjadi pilihan menarik sebagai alternatif lain di luar penggunaan air seni dan sampel darah untuk memeriksa apakah seseorang menggunakan kokain atau tidak," ujar peneliti seperti dilansir Time, Sabtu (16/5/2015).

Teknik spektrometri massa memiliki selektivitas tinggi dan hanya bisa digunakan pada area kecil pada sidik jari tunggal, dapat diulang dan melewati analisis tingkat tinggi.

Meski demikian, para peneliti menyadari jika teknik ini kurang invasif jika diterapkan saat ini mengingat penelitian yang dilakukan masih dalam skala kecil.


(AWP)