Pemkot Jambi Diminta Bangun Pusat Perdagangan Batu Akik

Antara    •    Sabtu, 16 May 2015 17:19 WIB
batu akik
Pemkot Jambi Diminta Bangun Pusat Perdagangan Batu Akik
Pusat penjualan batu akik (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Jambi: Para perajin dan pedagang batu akik meminta kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi untuk membangun pusat perdagangan batu akik yang representatif. Pembangunan ini diperkirakan bisa memberikan kenyamanan saat bertransaksi.

"Selama ini kami berdagang di kaki lima dan lokasinya juga berpencar-pencar dan harapannya agar ada satu kawasan perdagangan batu akik di Jambi," kata seorang perajin batu akik, Frans, di Jambi, Sabtu (16/5/2015).

Dirinya berpendapat bahwa perdagangan batu akik di Jambi telah menjadi salah satu sumber ekonomi atau pendapatan bagi masyarakat. "Kalau hari-hari, saya membuka dagangan di pinggir jalan kawasan kompleks kuburan. Setiap harinya, terutama pada sore hari jalanan terkadang jadi macet karena banyaknya pengunjung yang membeli bahan batu akik," jelasnya.

Senada dengan Frans, perajin batu akik lainnya, Putra mengatakan, munculnya banyak pedagang batu akik telah membuka lapangan pekerjaan tersendiri hingga ke daerah-daerah, misalnya di kawasan sumber bahan batu akik itu. 

"Tidak hanya itu, dengan perdagangan batu maka kini telah sudah bermunculan usaha jasa pengasah. Itu tentunya sudah membantu pembukaan lapangan pekerjaan bagi masyarakat," kata Putra.

Selama ini, kata Putra, para pedagang dan perajin bisa mendapatkan kesempatan untuk bisa berkumpul jika ada pameran batu akik di Jambi. "Di lokasi pameran kita bisa mengetahui tentang banyaknya pedagang atau perajin di Jambi. Jadi, kita bisa saling berinteraksi di arena pameran tersebut," tutup Putra.


(ABD)