Mulai Malam ini, Jalan Asia Afrika Haram Kendaraan

Roni Kurniawan    •    Sabtu, 16 May 2015 17:30 WIB
car free day
Mulai Malam ini, Jalan Asia Afrika Haram Kendaraan
Pengguna jalan melewati tulisan dinding jembatan penyeberangan di jalan Asia Afrika Bandung, Jawa Barat, Kamis (30/4). Foto: Antara/Agus Bebeng

Metrotvnews.com, Bandung: Pemerintah Kota Bandung akan mulai memberlakukan Car Free Night (CFN) dan Car Free Day (CFD) di kawasan Jalan Asia Afrika pada Sabtu (16/5/2015) mulai pukul 18.00 WIB hingga Minggu (17/5/2015) pukul 11.00 WIB. Untuk mengantisipasi keamanan, Polrestabes Bandung akan mengerahkan 127 personil di kawasan tersebut.

"Sebanyak 127 personil akan diturunkan untuk melakukan pengamanan CFN dan CFD di Jalan Asia Afrika," ujar Kepala Bagian Operasional Polrestabes Bandung, AKBP Dafi, saat di temui awak media, di Jalan Asia Afrika (16/5/2015).

Menurutnya, 127 anggota yang diturunkan terdiri dari Kesatuan Lalu Lintas dan Fungsi Sabhara yang memiliki tugas melakukan pengaturan atau melakukan pengalihan arus lalu lintas. Sedangkan fungsi intelijen serta reserse mengantisipasi terjadinya tindak pidana di kawasan CFN dan CFD.

Wakil Kepala Satuan Lalu Lintas Polrestabes Bandung, Kompol Santiadjie Kartasasmita, mengatakan akan melakukan rekayasa pengalihan arus lalu lintas. Beberapa ruas jalan pun akan ditutup selama 12 jam. Salah satunya yang menjadi titik lokasi, yakni di sepanjang Jalan Asia Afrika.

"Untuk rekayasa jalan, nantinya dari Jalan Tamblong, Asia Afrika, ditutup. Sementara Jalur Braga Pendek-Naripan, ditutup dialihkan ke Braga Panjang," katanya.

Selain itu Jalan ABC - Naripan juga akan ditutup, termasuk Alun-alun Timur. "Arus akan dialihkan ke Dalem Kaum," imbuh Ajie.

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi, Ajie menyarankan untuk menempatkan kendaraan di area parkir yang sudah disediakan kepolisian dan pemkot Bandung.

"Untuk kantung parkir mobil dan motor akan disediakan di Cikapundung Barat dan Timur, Naripan, serta Jalan ABC," terangnya.
 


(UWA)