Ini Cara PGI Pererat Persaudaraan Umat Beragama

K. Yudha Wirakusuma    •    Sabtu, 16 May 2015 17:56 WIB
Ini Cara PGI Pererat Persaudaraan Umat Beragama
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (ketiga kanan) bersama Ketua Umum Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) Henriette T. Hutabarat Lebang (ketiga kiri) melepas balon saat membuka acara Jalan Santai Lintas Agama di Halaman Monas, Jakarta, Sabtu (16/5). (Foto

Metrotvnews.com, Jakarta: Guna mempererat persaudaraan diantara umat beragama, Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) menggelar jalan santai lintas agama. Acara itu digelar dalam rangka HUT PGI ke-65.

"Kegiatan jalan santai sebagai ajang silaturahmi masyarakat lintas agama di Indonesia, tentunya untuk memperat persaudaraan diantara kita sebagai umat manusia. Apalagi hadir para tokoh lintas agama di Indonesia, dan Menteri Agama," kata Ketua Pantia HUT PGI Michael Wattimena, disela-sela kegiatan, Sabtu (16/5/2015).

Acara itu dihadiri ribuan umat dari berbagai lintas agama memadai area Parkir Lapangan Monas, Jakarta.

Politisi Partai Demokrat asal Papua Barat ini berharap kegiatan jalan santai lintas agama dapat memperkuat solidaritas sesama agama sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Di sisi lain, guna menanggulangi paham radikalisme yang menggerogoti sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia akhir-akhir ini.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI juga menyoroti soal perlombaan foto karikatur Nabi SAW. Menurutnya kegiatan tersebut tidak sepatutnya dilaksanakan lantaran sangat menganggu hubungan sesama umat agama. 

"Kami melihatnya sangat melukai umat muslim di dunia, karena sosok Nabi Muhammad SAW tidak boleh digambarkan dengan cara dan bentuk apapun. Dan pihak panitia penyelenggara telah melakukan upaya provokasi dan pemahaman yg holistik agar nilai-nilai agama yang dianuti harus dihormati sesuai dgn amanat Pancasila dan UUD NRI 1945 ," terangnya.

Michael menambahkan setelah kegiatan jalan santai pantia akan melakukan kegiatan donor darah (pada 17 – 24 Mei 2015) dan peluncuran buku pada 25 Mei. Sementara acara puncak  akan digelar di Ecopark, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Minggu, 24 Mei 2015, yang akan dihadiri juga  oleh peserta Konperensi Dewan Gereja Asia yang bersamaan juga melakukan Christian Conference Of Asia ( CCA ) mulai tgl 20 - 27 Mei 2015  di Indonesia. Sebanyak 500 peserta dari seluruh Asia.

Sementara itu Menteri Agama Lukman Hakim Saufudin dalam kesempatan membuka kegiatan tersebut meminta agar masyarakat terus menjaga kerukunan antarumat beragama. "Kita harapkan jalan santai lintas agama ini mengawali persatuan dan kesatuan antar umat beragama. Sehingga kedepan tercipta keharmonisan diantara sesama umat," jelas Lukman.

(DRI)

KPK Pertimbangan <i>Second Opinion</i> Soal Setnov

KPK Pertimbangan Second Opinion Soal Setnov

1 hour Ago

KPK masih mempertimbangkan keterangan dokter atau pihak IDI terkait perawatan kesehatan yang se…

BERITA LAINNYA