Disdik DKI Mulai Distribusikan Soal UN SD

Wanda Indana    •    Sabtu, 16 May 2015 20:54 WIB
ujian nasional
Disdik DKI Mulai Distribusikan Soal UN SD
Ujian Nasional SD (Foto: Antara/Maulana)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dinas Pendidikan DKI Jakarta mulai mendistribusikan naskah soal Ujian Nasional (UN) Sekolah Dasar (SD) hari ini. Pendistribusian naskah soal UN SD, disebar di lima titik rayon yang menjadi lokasi pendistribusian.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Arie Budhiman mengatakan, pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan. Di antaranya penyusunan naskah soal, pengadaan naskah soal, pembentukan panitia penyelenggara, sosialisasi pelaksanaan UN SD hingga pengamanan distribusi naskah soal. Ia menegaskan, DKI siap menggelar UN tingkat SD yang akan dilakukan pada 18-20 Mei 2015.

"Hari ini, kita distribusikan naskah soal Ujian Sekolah Berstandar Daerah di lima titik distribusi. Tadi kita melakukan video conference pukul 06.00 WIB untuk melakukan penyerahan serentak naskah soal UN ke lima titik distribusi," kata Arie di SDN Menteng 03, Jalan Cilacap, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (16/52015).

Naskah soal UN SD atau lebih dikenal dengan nama Ujian Sekolah/Madrasah Berstandar Daerah (US/M BD) dari lima titik rayon, akan kembali disebar ke 52 subrayon SD/Madrasah. Dengan rincian, 44 lokasi subrayon SD dan delapan subrayon Madrasah Ibtidaiyah (MI).

"Nanti, ketika sampai di subrayon masing-masing, dokumen soal UN akan dipilah per mata ujian sesuai hari pelaksanaan. Selanjutnya dilakukan pengamanan dokumen di setiap subrayon," imbuhnya.

Arie menerangkan, ada perbedaan penyusunan soal UN SD dengan penyusunan soal UN tingkat SMA dan SMP. Penyusunan soal UN SD, 75 persen disusun oleh Dinas Pendidikan DKI dan 25 persen disusun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Sedangkan penyusunan soal UN SMA dan SMP, 100 persen disusun oleh Kemdikbud.

"Jadi proporsi soal UN SD lebih banyak disusun oleh Dinas Pendidikan. Ya otonomi daerah," tandas Arie.





(Des)