Mahasiswa Atma Jaya Yogyakarta Terperosok ke Kawah Gunung Merapi

Pythag Kurniati    •    Sabtu, 16 May 2015 21:09 WIB
gunung merapi
Mahasiswa Atma Jaya Yogyakarta Terperosok ke Kawah Gunung Merapi
Gunung Merapi. Foto: Istimewa

Metrotvnews.com, Boyolali: Ari Yunanto, 21, mahasiswa Atma Jaya Yogyakarta, dikabarkan terperosok ke kawah Gunung merapi. Ari diperkirakan jatuh di kedalaman 100 hingga 200 meter pada pukul 11.00 WIB, Sabtu (16/5/2015).

Informasi yang beredar, saat ini Ari belum bisa dievakuasi karena sulitnya medan.

Kepala Seksi Darurat BPBD Boyolali, Fajar Prasetyo, menuturkan SAR membutuhkan peralatan khusus untuk mengevakuasi korban.

"Apalagi kawah tersebut kawah beracun. Kita tidak bisa menggunakan peralatan manual," kata Fajar saat dihubungi Metrotvnews.com, Sabtu (16/5/2015) malam.

Sementara itu, tim SAR Klaten juga turut andil dalam penyelamatan. Irwan Santosa selaku Wakil Komandan Bidang Operasi menjelaskan pihaknya sedang berkoordinasi dengan Tim SAR Gabungan.

"Malam ini kami akan bergerak naik. Kita juga berharap kondisi tim SAR, kondisi kawah, serta cuaca memungkinkan kita segera mengevakuasi korban," ujarnya.

Irwan mengatakan kawah tempat terpelesetnya pendaki diperkirakan memiliki kedalaman hingga 200 meter dengan kandungan sulfur tinggi. Untuk itu, pihaknya perlu berkoordinasi dengan berbagai pihak.

BPBD Boyolali dan SAR Klaten belum bisa memperkirakan seperti apa kondisi Ari saat ini.


(UWA)